HomePendidikan

Daftar Jurusan dan Alamat SMK Negeri dan Swasta Kab. Sukoharjo

smk-sukoharjoK-Blog, update Januari 2019. Kabupaten Sukoharjo yang mempunyai lokasi geografis yang unik karena berlokasi mengelilingi Kota solo ini mempunyai 6 SMK Negeri dan 26 SMK swasta. Berikut ini ane share daftar SMK Negeri dan SMK Swasta yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Postingan ini saya lengkapi dengan alamat, nomor telepon, website, jurusan / kompetensi keahlian beserta akreditasi per jurusan. Sumber data utama,  diambilkan dari situs resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan ditambah  dengan bantuan master search engine google.








SMK NEGERI 1 SUKOHARJO
Jl. Jend. Sudirman No. 151, Jombor, Bendosari, Kab. Sukoharjo 57521
Telp. 0271-593132 website : http://smkn1sukoharjowsb.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Bisnis Daring dan Pemasaran – A
2. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran – B
3. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan – A

SMK NEGERI 2 SUKOHARJO
Jl. Solo-Wonogiri, Begajah, Kab. Sukoharjo 57515
Telp. 0271-591588
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – A
2. Kimia Industri – A
3. Teknik Mekatronika – A
4. Disain Pemodelan dan Informasi Bangunan – B
5. Teknik Mekanik Industri – B
6. Agribisnis Ternak Ruminansia – A
7. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian –

SMK NEGERI 3 SUKOHARJO
Jl. Telukan- Cuplik, Parangjoro-Grogol, Grogol, Kab. Sukoharjo 57552
Telp. 0271-7081854
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Perhotelan – B
2. Tata Boga – B
3. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – C
4. Bisnis Daring dan Pemasaran – B
5. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B

SMK NEGERI 4 SUKOHARJO
Jl. Raya Baki No. 05, Jetis, Baki, Kab. Sukoharjo 57556
Telp. 0271-7891015
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Disain Pemodelan dan Informasi Bangunan – A
2. Teknik Bodi Otomotif –
3. Tata Busana – B
4. Teknik Pemesinan –

SMK NEGERI 5 SUKOHARJO
Jl. Laksamana Yos Sudarso, Tiyaran, Bulu, Kab. Sukoharjo 57563
Telp. 0271-7063555
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Mekanik Industri – A
2. Teknik Ototronik – B
3. Teknik Komputer dan Jaringan –
4. Bisnis Daring dan Pemasaran –

SMK NEGERI 6 SUKOHARJO
Tempel Blimbing, Gatak, Kab. Sukoharjo 57557
Telp. 0271-7894205
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor – B
2. Multimedia – B
3. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – B

SMK PEMBANGUNAN NASIONAL SUKOHARJO
Jl. Melati No. 52, Bulakrejo, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo 57522
Telp. 0271-592863 website : http://smk-pemnas.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – A
2. Teknik Audio Video – B
3. Multimedia – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan –

SMK ASSALAAM SUKOHARJO
Pondok Pasantren Modern Islam Asslaam Kartasura Po. Box 286 Surakarta 57102, Gonilan, Kartasura, Kab. Sukoharjo 57102
Telp. 0271-718741 website : http://assalaam.or.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK COKROAMINOTO SUKOHARJO
Jl. Simbulan Lor, Makamhaji, Kartasura, Kab. Sukoharjo 57161
Telp. 0271-739985
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Pemesinan – C

SMK TAMANSISWA SUKOHARJO
Jl Jaksa Agung R Suprapto, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo 57512
Telp. 0271-592036
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran – B
2. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – A
3. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK KESEHATAN CITRA MEDIKA SUKOHARJO
Jl. SOLO-JOGJA KM. 12 RT 2 RW 1 Sanggung, Gatak, Sukoharjo 57557
No. Telp : 0271-7685467
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Keperawatan – B
2. Farmasi –

SMK IPTEK WERU SUKOHARJO
Jl. Tirtomijoyo, Tawang, Weru, Kab. Sukoharjo 57562
Telp. 0271-7075515 website : http://www.smkiptekweru.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B
2. Teknik Audio Video – B
3. Rekayasa Perangkat Lunak –

SMK SARASAWATI GROGOL SUKOHARJO
Jl. Solo Baru, Madegondo, Grogol, Kab. Sukoharjo 57552 Telp.
0271-621107
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran – B
2. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – B
3. Bisnis Daring dan Pemasaran – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan –

SMK HARAPAN KARTASURA SUKOHARJO
Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kartasura, Kab. Sukoharjo 57162
Telp. 0271-726911
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B
2. Teknik Elektronika Industri – B
3. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK TUNAS BANGSA TAWANGSARI SUKOHARJO
Jl. Raya Tawangsari – Banmati, Kateguhan, Tawangsari, Kab. Sukoharjo 57561
Telp. 0272-881119
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Pemesinan – B
2. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B
3. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan – B
5. Akuntansi dan Kuangan Lembaga –

SMK DAARUL HIDAYAH SUKOHARJO
Bulakrejo Rt. 02 Rw. 07, Bulakrejo, Sukoharjo 57551
No. Telp : 0271-5991166
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Asisten Keperawatan –
2. Farmasi Klinis dan Komunitas –

SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA SUKOHARJO
Jl. Slamet Riyadi No. 80 Kartasura, Kab. Sukoharjo 57167
Telp. 0271-780113
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Mekanik Industri – B
2. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B
3. Tata Busana –

SMK BINA PATRIA 1 SUKOHARJO
Jl. Wandyopranoto No. 39 Joho, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo 57513
Telp. 0271-593487 website : http://smkbp1skh.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Pemesinan – A
2. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – A
3. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK MUHAMMADIYAH 2 SUKOHARJO
Jl. Raya Nguter, Nguter, Kab. Sukoharjo 57571
Telp. 0271-6594405
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B
2. Tata Busana – B
3. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK PERTIWI KARTASURA SUKOHARJO
Jl. Adi Sumarmo, Ngabeyan, Kartasura, Kab. Sukoharjo 57165
Telp. 0271-782228
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran – A
2. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – A
3. Farmasi –

SMK MARTHA ABADI SUKOHARJO
Jl. Diponegoro No 43 RT 2/5 Seliran, Jetis, Sukoharjo 57511
No. Telp. : 0271592151
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Tata Busana – A

SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO
Jl. Anggrek No. 2 Jetis, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo 57511
Telp. 0271-593187 website : http://smkmuh1-skh.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – A
2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor – A
3. Teknik Ototronik – A
4. Teknik Audio Video – A
5. Teknik Elektronika Industri – A
6. Rekayasa Perangkat Lunak – A
7. Teknik Komputer dan Jaringan – A
8. Teknik Pemesinan –

SMK KASATRIAN SOLO SUKOHARJO
Jl. Mendungan, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo 57162
Telp. 0271-741368
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Tata Boga – A
2. Bisnis Daring dan Pemasaran – A
3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan – B
5. Perhotelan – B
6. Akuntansi dan Keuangan Lembaga –
7. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor –

SMK MUHAMMADIYAH WATUKELIR SUKOHARJO
Jl. Raya Watukelir – Weru, Jatingarang, Weru, Kab. Sukoharjo 57562
Telp. 0273-5331323
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – B
2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor –
3. Teknik Komputer dan Jaringan –
4. Administasi Perkantoran –

SMK TEKSTIL LAILATUL QODAR SUKOHARJO
Dukuh Kenep RT 1 RW 9 Kenep Sukoharjo 57518
No. Telp : 085642947799
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Tata Busana –
2. Teknik Pembuatan Benang -?

SMK PRAWIRA MARTA KARTASURA SUKOHARJO
Jl. Kranggan, Wirogunan, Kartasura, Kab. Sukoharjo 57166
Telp. 0271-784152 website : http://smksprawiramarta-skh.sch-id.net/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran – B
2. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – B
3. Tata Busana – C

SMK PELAYARAN PANCASILA KARTASURA SUKOHARJO
Jl. Slamet Riyadi No:82 Kartasura, Kab. Sukoharjo 57167
Telp. 0271-781353
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Neutika Kapal Niaga – B
2. Teknika Kapal Niaga – B

SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
Jl. Veteran No. 82B, Jetis, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo 57511
Telp. 0271-590483
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Multimedia –
2. Desain dan Produksi Kria Tekstil –
3. Desain dan Produksi Kria Kayu – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK BINA PATRIA 2 SUKOHARJO
Jl. Mawar No.1 Bulakrejo, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo 57522
Telp. 0271-592062 website : http://www.smkbinapatria2-skh.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Mekanik Industri – A
2. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – A
3. Rekayasa Perangkat Lunak – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan – B

SMK PGRI SUKOHARJO
Jl. Tentara Pelajar 766 Jombor, Bendosari, Kab. Sukoharjo 57521
Telp. 0271-591609
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran – A
2. Akuntansi dan Kuangan Lembaga – A
3. Bisnis Daring dan Pemasaran – A
4. Multimedia – B
5. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor –

SMK VETERAN 1 SUKOHARJO
Jl. Calen 1 Gabusan -Jombor, Bendosari, Kab. Sukoharjo 57511
Telp. 0271-7077064, 593948
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Pemesinan – A
2. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – A
3. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor – B
4. Teknik Komputer dan Jaringan – B
5. Multimedia –

SMK MUHAMMADIYAH PONTREN IMAM SYUHODO SUKOHARJO
Jl. Kh. Ahmad Dahlan No.154, Wonorejo, Polokarto, Kab. Sukoharjo 57555
Telp. 0271-611556
Jurusan / Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif – C

Data tentang jurusan SMK beserta status akreditasinya ini sifatnya sementara dan akan terus berubah mengikuti dinamika SMK yang bersangkutan. So, sangatlah mungkin data yang tercantum ini berbeda dengan kondisi terbaru dari masing-masing SMK. Jika anda mempunyai info terbaru, silakan berkomentar disini. Terima kasih 🙂



Comments (38)

  • Mau tanya mas,, itu yg di setiap jurusan ada kode A B C ,, itu maksudnya apa ya..
    Terus jurusan yg menentukan pihak sekolah apa calon murid yg memilih sendiri ya…

    Reply
    • Fitria, huruf A,B atau C itu akreditasi Jurusan sis.. Akreditasi A adalah yang terbaik. Sedangkan akreditasi ‘-‘, jurusan tsb belum terakreditasi.. Btw, data yg disini sangat mungkin sudah berubah ya.. karena informasi akreditasi ini sifatnya sementara, sewaktu2 bisa berubah….

      Jika ingin mendaftar di SMK, yang memilih jurusan adalah calon siswanya. Jadi ketika mendaftar sudah ada pilihan jurusannya.

    • Persyaratan masuk SMKN 2 sukoharjo apa aja ya?

    • Andika, persyaratan masuk SMK dan SMA Negeri dari tahun ke tahun akan berbeda. Sebagai gambaran, ini adalah persyaratan umum untuk PPDB tahun 2018/2019 yang lalu :
      Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMK yang mengikuti PPDB berupa:

      1. Foto copy yang telah dilegalisir pejabat berwenang (diserahkan pada saat verifikasi berkas):

      • Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah. Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP,
      • Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran baru 2018/2019, dan belum menikah;
      • Kartu Keluarga (terhitung paling sedikit 6 (enam) bulan tinggal di Kabupaten/Kota yang bersangkutan sebelum waktu pendaftaran);

      2. Foto copy dan telah dilegalisir pejabat berwenang, serta menunjukkan aslinya (pada saat verifikasi berkas) :

      • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu/miskin yang ditetapkan oleh Pejabat yang berwenang (Lurah/Kepala Desa yang diketahui Camat), Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau Kartu Miskin yang diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota setempat;
      • Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan;
      • Surat keterangan anak guru yang diterbitkan oleh sekolah dari guru yang bersangkutan bertugas;
      • Surat keterangan sehat dari dokter Pemerintah.

      Untuk PPDB tahun 2019/2020 ini kemungkinan besar akan berubah, hal ini terkait dengan wacana penghapusan SKTM dari PPDB. So, kita tunggu saja saja yo bro.. juknis PPDB SMK/SMA prov Jateng.. biasanya muncul sekitar bulan mei-juni.

  • hai, mau tanya nih.. tadi saya ke smk 3 skh daftar tpi nim nya 18 diterima nggk

    Reply
  • min klo ke smk n 2 jurusan tpmi terendah berapa..?

    Reply
    • Author

      Arizal.. passing grade hasil PPDB th 2017 SMK 2, jur TPMI : terendah 25.01, tertinggi 33.39

  • teknik mekatronika di smk n 2 sukoharjoo terendah berapa ya??

    Reply
  • kalau tinggi badanya kurang 1cm aja apa ngakk bisa daftar

    Reply
  • Mau nanya kalo di SMKN3 Sukoharjo jurusan TKJ nilai 2140 kira kira bisa diterima nggak ya..?

    Reply
    • Haryoyoyoyono, setiap tahun nilai rata2 Ujian Nasional SMP selalu berubah. Meski kita tahu minimal nilai yang diterima tahun lalu pun kita tidak akan tahu nilai berapa yang akan diterima nantinya.
      So, jika memang minatnya ke sana, dicoba saja bro… toh pilihannya tidak cuman satu.

  • Min Kalau Tes Kesehatan Itu Tesnya di Sekolahan/Dokter ?

    Reply
    • Fsp, maksudnya untuk memenuhi persyaratan tentang tinggi badab dan kondisi buta warna atau tidak? Jika yg dimaksud itu, menurut pemahaman ane, sobat bisa pergi ke dokter/puskesmas untuk melakukan pengecekan dan minta surat keterangan tentang itu.
      Atau ada teman2 lain yg berpendapat berbeda?

  • Insyaaloh mau ke smk 3 skh, kira Perhotelan sama akutansi nimnya terendah berapa ya?

    Reply
  • Mas kalo TKJ SMK N 1 Skh. nimnya 24 bisa ngga?

    Reply
    • Nanda, gak ada salahnya dicoba bro…. tahun kemarin sih 25,2. Namun kalau melihah data bahwa secara rata2 nilai UN SMP 2017 turun dibanding tahun kemarin, nanda punya peluang masuk…

  • Bro kalo smk n 2 Sukoharjo nim minimal untuk jurusan tkr berapa ya?

    Reply
  • Kalo mau daftar ke smk 1 sukoharjo, Btw… nimnya harus berapa ya..?

    Reply
  • Saya Mau Ke SMK Negeri 1 Sukoharjo Bro. . Kira-kira Nim terendahnya Berapa ya????

    Reply
  • insyaallah, Saya mau daftar ke SMK Negeri 5 Sukoharjo …
    Nim Nya Harus Berapa ya???

    Reply
    • Zidan, ini data hasil seleksi tahun 2016 kemarin untuk KK dlm kota bro.
      Jurusan : Nilai UN terkecil – Nilai UN Terbesar
      1. Pemasaran : 135.50 – 288.00
      2. Teknik Komputer dan Jaringan : 124.00 – 321.50
      3. Teknik Ototronik : 187.50 -292.50
      4. Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri :177.00 – 324.00
      Semoga membantu…

  • saya ingin daftar di smk 3 sukoharjo

    Reply
  • maaf klo mau nanya nanya dmna ya?

    Reply
    • Tyas, nanya soal apa sis? Jika nanya tentang passing grade (nilai minimal yang diterima pada seleksi tahun lalu) mungkin bisa ditanyakan langsung ke sekolah yang bersangkutan…

  • nimnya ada gk broo

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!