HomeUmum

Cara mengurus STNK yang hilang, sebuah pengalaman

denah-samsat-jakarta-utara-pusat
denah-samsat-jakarta-utara-pusat

Ketika STNK kendaraan kita hilang, terkadang kita bingung bagaimana cara mengurusnya. Tenang aja gan, cukup dengan biaya Rp. 50 ribu untuk kendaraan R2 dan Rp. 75 ribu untuk kendaraan R4, agan bisa mendapatkan STNK baru. (Update 2017 : Mulai tanggal 6 Januari 2017, tarif ini berubah menjadi Rp. 100 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 200 ribu untuk kendaraan roda empat atau lebih. Pemberlakuan regulasi ini sejalan dengan ditandatanganinyaΒ Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2 Desember 2016, sebagai pembaruan dariΒ PP Nomor 50 Tahun 2010 yang berlaku sebelumnya) Β Ini pengalaman pribadi ane, ketika mengurus STNK motor ane di kantor Samsat Jakarta Utara-Pusat Jl. Gunung Sahari, Jakarta. Awalnya sih mau minta tolong biro jasa untuk mengurusnya, tapi ketika mereka mematok Rp. 500 ribu plus Rp. 275 untuk perpanjang, iseng ane googling untuk mendapatkan informasi tentang prosedur pengurusan STNK yang hilang. Dari Divisi Humas Mabes Polri , ane dapat informasi sbb :
Proses Pembuatan baru STNK Hilang
Untuk mengurus STNK yang hilang, siapkan persyaratan data berikut:

  1. KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi.
  2. Fotokopi STNK yang hilang.
  3. Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat.
  4. BPKB asli dan fotokopi.

Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut:

  1. Cek Fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran.
  3. Mengurus Cek Blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
  4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. (Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat).
  5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).
  6. Membayar Biaya Pembuatan STNK baru.
  7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
  8. Selesai.

Jika melihat uraian tersebut diatas, kelihatannya sederhana, tetapi prakteknya lebih rumit. Namun jika agan menganggap semua prosedur ini sebuah tantangan pengalaman baru, agan pasti enjoy menjalaninya. Sebelum ane berbagi pengalaman ane, ada beberapa catatan tentang persyaratan :

 


  • Jika STNK kendaraan bukan atas nama agan, buatlah Surat Kuasa pengurusan STNK di atas materai.
  • Jika fotocopy STNK pun agan tidak punya, biarkan apa adanya. Persyaratan ini tidak mutlak. Namun ada baiknya setelah kejadian ini, agan scanner tuh semua dokumen penting agan. Simpan di Cloud macem Drive ato yg lainnya. πŸ™‚

Step by step pengurusan :
A. Cek Fisik Kendaraan.

Hasil Cek fisik Kendaraan
Hasil Cek fisik Kendaraan

Lokasinya ada di bagian belakang gedung samsat jakarta utara – pusat dekat tempat parkir. Kendaraan harus agan bawa, karena jika agan esek-esek sendiri tidak akan diterima. Silakan mendaftar, entar dikasih formulir plus kertas esek-esek, selanjutnya serahkan ke petugas esek-esek, Setelah selesai digesek dan ditempelkan ke formulir tadi, serahkan kembali ke petugas cek fisik kendaraan. Tunggu beberapa saat, formulir cek fisik kendaraan sudah selesai. Contoh formulir cek fisik kendaraan ada di samping. double klik atau klik kanan->open in new tab, untuk memperbesar gambar

B. Cetak salinan pembayaran pajak kendaraan bermotor, adanya di lantai 5.

Salinan-pembayaran-PKBLampiran bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor ini adalah prasyarat untuk mendapatkan formulir pendaftaran pada step berikutnya. Di lantai 5, agan tidak perlu mengambil nomor antrian, karena nomor antrian bukan diperuntukkan untuk cetak salinan pembayaran PKB, Counternya terletak di pojok paling dekat dengan lift. Contohnya salinan pembayaran pajaknya seperti disamping.

C. Mengisi formulir Pendaftaran.

loket-perubahan-identitas-ranmorUntuk mengambil formulir, silakan ke loket PERUBAHAN IDENTITAS RANMOR counter A1 di lantai 2. Isi datanya sesuai dengan contoh yang tertera di tempat pengisian formulir yang sudah disediakan.
D. Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang (Cek Blokir)

loket-TU
loket-TU

Step ini agak rumit karena membutuhkan validasi dari beberapa bagian. Stepnya sbb :

surat-keterangan-stnk-hilang

  1. Silakan pergi ke Loket bagian TU yang ada di sebelah loket PERUBAHAN IDENTITAS RANMOR. Masukkan berkas beserta formulir yang telah diisi ke counter LOKET COMPUTER KHUSUS (B1).
  2. Selanjutnya silakan pergi ke bagian ARSIP di lantai 1 untuk mengecek kesesuaian data dengan arsip. Pake tangga turun ke bawah, lokasinya di bawah tangga. Setelah distempel silakan kembali ke loket bagian TU lantai 2 lagi.
  3. Masukkan semua berkas di loket TU counter tengah-LOKET BLOKIR (B2). Setelah itu pindah ke counter sebelah kanannya.
  4. Masukkan semua berkas di Loket STNK Hilang (B3). Disini agan perlu menunggu agak lama (kira-kira 20 menit) karena counter inilah yang membuat Surat Keterangan STNK Hilang (SKSH).

E. Mengurus pembuatan STNK Baru.

  1. Setelah SKSH jadi, silakan ke LOKET PERUBAHAN RANMOR.Β Masukkan berkas ke counter sebelah kanan, tempat dimana agan mengambil formulir tadi (A1). Setelah dicek, semua berkas akan dimasukkan ke dalam map khusus.
  2. Selanjutnya silakan bawa semua berkas dalam map tersebut ke counter tengah di Loket TU (B2).
  3. Setelah selesai diferifikasi di Loket TU (B2), bawa kembali ke LOKET PERUBAHAN RANMOR di counter bagian tengah (A2).Β Di counter ini akan dibuatkan kuitansi pembayaran sebanyak 3 rangkap.

F. Proses Pembayaran

  1. Setelah kuitansi jadi, lakukan pembayaran di kasir yang berada di sebelah kirinya, A3. Setelah selesai, anda akan menerima kuitansi kembali yang sudah dibubuhi stempel lunas.
  2. Tunggu sampai STNK selesai dicetak. Kurang lebih 10 menit, agan akan dipanggil dari counter Pengambilan STNK yang ada di samping sebelah kiri kasir (A4 – maaf, tidak nampak di gambar)
  3. Jika STNK sudah ditangan, silakan tarik nafas dalam-dalam dan jangan lupa panjatkan puji syukur ke hadirat Nya. πŸ™‚

 

kuitansiTotal biaya Rp. 236.500 sudah termasuk biaya perpanjangan STNK baru tahun 2015, dengan rincian :

  • Rp 151.500,- PKB – Pajak Kendaraan Bermotor
  • Rp. 35.000,- SWDKLLJ –Β Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan
  • Rp. 50.000,- Β Biaya ADM STNK (krn hilang)

Dari sekian step, mungkin saja ada yang terlewatkan, namun ane sudah berusaha menyajikan seakurat mungkin dengan menulisnya dihari yang sama. Pengurusan STNK ini ane lakukan di hari Sabtu, tgl 6 September 2014. Sayangnya datang di kantor Samsat sudah jam 10-an WIB, sehingga mesti nyambung di hari Senin, 8 September 2014 karena jam operasi di hari Sabtu hanya sampai jam 12.00 WIB.

Beberapa catatan dari pengalaman ane :

  • Setiap wilayah / kantor samsat mempunyai tata letak yang berbeda, namun prinsip pengurusannya Β relatif sama. Tidak perlu ragu untuk mencoba mengurus sendiri, pasti dibantu oleh petugas maupun oleh sesama masyarakat yang sedang mengurus kepentingannya di sana.
  • Good Governance benar-benar berusaha ditegakkan oleh Polri, silakan bantu dengan menjalankan sesuai prosedur dan tidak melalui jalan pintas.
  • Bagi aparat kepolisian, ane ada uneg-uneg nih.. Untuk menarik minat masyarakat agar mengurus sendiri kepentingannya, gimana kalau wajah Samsat seluruh Indonesia diisi dengan beberapa Polwan seperti gambar berikut ini… Β :mrgreen:

Bantu share jika bermanfaat, matur teng yu.. πŸ™‚

 

Comments (169)

  • mas mau tanya .motor saya honda revo 2008 dan pajaknya mati 2th dan stnk saya juga hilang,yang saya ingin tanyakan berapa total yg hrus saya bayar ketika ingin mengurus stnk yg hilang itu.?

    Reply
    • Bang Hasary, menurut penafsiran ane, dengan asumsi harga jual Honda revo 2008 adalah 6 jt rupiah, rinciannya sbb :
      1. PKB (6 jt X 1.5% ) = 90.000 (jika 2 thn -> 180.000)
      Denda PKB 25% / thn = 90.000 X 50% = 45.000
      2. SWDKLLJ = 35.000 (jika 2 thn -> 70.000)
      Denda SWDKLLJ 32.000 /thn = 64.000
      3. ADM
      – Karena hilang = 50.000

      Total : Rp. 409.000,-
      Semoga membantu.. πŸ™‚

  • sy putri umur 20th , pak mau tanya . td pukul 15.30 WIB di kota malang .. saya baru kehilangan dompet beserta surat2 didalamnya.. nah saya tdk ada fc STNK ,, dan masalahnya itu bpkb saya masih dlm proses penerbitan ,karena bln november tahun lalu saya baru melakukan pengalihan nama (dr nama ibu saya ke nama saya), BPKB saya baru jadi pada bulan april 2016 .. ini saya cuma ada surat untuk pengambilan BPKB di POLRES KOTA MALANG .. ini bagaimana mengurusnya ya paaaak ? hiiiiks saya bingung sekali pak. prosesnya bgmana? minta bantuannya pak

    Reply
    • Eka Putri, yang paling mendesak untuk dilakukan adalah mengurus Surat Keterangan Kehilangan (SKK) dari Polsek terdekat sis. SKK ini akan jadi persyaratan utama ketika kita akan mengurus KTP, STNK dan dokumen lainnya. Klo bisa, di-copy agak banyak dan dilegalisir. Pengurusan KTP mungkin prioritas setelah SKK jadi. Selanjutnya baru STNK dan dokumen lain. Setidaknya, ketika KTP belum jadi kita punya pegangan dokumen yang menyatakan bahwa motor tsb bukan motor bodong.
      Btw, meskipun BPKB belum jadi, Mbak Eka bisa datang ke samsat untuk mencoba mengurus STNK pengganti. Barangkali Surat Pengambilan BPKB (SPB) tersebut bisa dijadikan dasar. Namun jika memang tidak bisa, ya harus nunggu sampai BPKB asli jadi. Setidaknya mbak Eka sudah berusaha mengurusnya. Jika terjadi razia lalin, SKK, SPB dan usaha pengurusan STNK pengganti ini bisa dijadikan bukti dan alasan.
      Semoga lancar urusannya, tetap tenang, sabar dan semangat sis… πŸ™‚

  • Mas badrun sy mau tanya..brusan kehilangan dompet seisinya trmasuk stnk.. stnk sya atas nama kakak ipar plat A tpi stnk hilang dijakarta dan mtor jg dijakarta..itu pertama bgaimana ngurusnya ya? Tlg dibantu

    Reply
    • Mbak Rosa, pengurusan dilakukan di Samsat yang mengeluarkan STNK. No Pol ‘A’ – di Banten. Jika sesuai prosedur, kendaraan harus di bawa ke Banten untuk dilakukan cek fisik. Jika mbak rosa ingin mengurus sendiri, silakan buat Surat kuasa dari kakak ipar ke mbak Rosa. Tp enaknya sih, minta tolong kakak ipar untuk mengurusnya… hehe…

    • Oke trma ksh bnyak mas.. itu bpkb jg hrus ada ya?

    • iya, BPKB harus dibawa karena termasuk syarat utama.

  • teman saya baru kehilangan dompet beserta STNK nya karna kelalaian saya.. nah saya di suruh sama teman saya mengurus STNK itu di bekasi. kira kira syarat dan proses nya bagaimana ya mas? mohon bantuan nya

    Reply
    • Mas Daman, persaratannya seperti yang tercantum di postingan di atas ditambah dengan SURAT KUASA pengurusan STNK dr teman Mas Daman ke Mas Daman. Format Surat Kuasa bisa dilihat di komentar sebelumnya mas.
      Eh, Jangan lupa, kendaraannya di bawa saat pengurusan untuk dilakukan cek fisik (esek-esek). Semoga lancar urusannya… πŸ™‚

  • Mas mau nanya jika stnk hilang dan fotocopy stnk yang terbaru tidak ada gimana yah? Dan fotocopy stnk yg lama otomatis pajaknya berbeda dengan yang terbaru sekarang. Apa akan di kenakan biaya pajak juga? Yang padahal saya sudah membayarnya. Mohon pencerahannya

    Reply
    • Bang Satriyo, copy stnk bukan syarat yang mutlak, gak disertakan juga gak masalah. Tidak usah kuatir, jika sudah bayar pajak tahun berjalan, tidak akan dikenakan 2X. πŸ™‚

  • Mas badrun,apa bisa ngambil plat nomer tnp SKPD krn hilang se dompetnya…saya beli motor tsb bekas,surat kuasa apa bisa ttd nya d palsu untuk membuat stnk duplikatnya ?

    Reply
    • Mbak Ana, punya copy KTP pemilik lama? Jika punya silakan dicoba. Jangan lupa bawa semua data yang ada, spt BPKB asli+copy, surat jual beli asli+copy dan persyaratan lainnya. Lebih baik diurus balik namanya sekalian mbak, biar enak nantinya. Jangan segan bertanya pada petugas disana mbak, mereka siap membantu kog. Semoga berhasil ya… πŸ™‚

  • mas,baru liat blog nya nih….mau nanya,apa betul lau stnk hilang mesti di iklan kan juga lewat media cetak selain pake surat kehilangn untuk mengurus selanjutnya??

    Reply
  • mas badrun, bagaimana jika bpkb saya masih di koperasi dan tidak bisa di ambil dulu, serahkan fotocopy bpkb aja boleh?

    Reply
    • Mas Faiz, saya sendiri belum pernah mendengar kasus seperti ini. Logika saya kasus ini bisa dijembatani dengan minta surat keterangan dari koperasi bahwa BPKB masih dalam jaminan koperasi. Sertakan copynya mas. Dicoba saja mas, moga2 bisa… πŸ™‚

  • Thanks Gan infonya..

    Btw saya mau nanya gan, saya beli motor tanpa bpkb, yang ada hanya stnk dan plat no nya saja. apakah dalam kasus saya, saya dapat mengurus pembuatan bpkb yang baru dan solusinya gimana ya gan?

    Reply
    • Mas Ricky, STnK itu bukan bukti kepemilikan gan, tp hanya bukti pembayaran pajak. Sedangkan bukti kepemilikan kendaraan yang sah adalah BPKB. STNK seperti bukti pembayaran PBB, BPKB sepeti Sertifikat tanah/rumah.
      Saran saya, temui kembali si penjual untuk memastikan keberadaan BPKB / status kendaraan.

  • Mas aq drnger denger itu katanya buat sim B2 umum dari awal butuh waktu lama…trus harus punya sim A..B1. Baru bisa B2 umum….la masalah e dulu waktu buat sim B2 umum d kalimantan.itu nembak.jadi gak punya sim A.B1.
    Makasih seblum e….

    Reply
  • Sebelumnya makasih mas sharingannya, saya jadi berniat ngurus sendiri nih karena kebetulan lagi ada waktu..

    yang mau ditanyain;
    1. Sy kehilangan STNK lumayan lama dari sekitar bulan Mei, tapi baru sempet ngurus… kalo buat surat kehilangannya kira-kira diterima ga ya, atau lebih baik di bilang ilangnya sekitar bbrp minggu yang lalu
    2. Setelah bbrp hari baca sharingan topik ini tnyata banyak juga yang komen klo mereka disuruh bikin iklan media, bahkan sampe nyertain laporannya. apa itu wajib dan masuk persyaratan ?

    Reply
    • Mbak Jenny,
      1. Betul mbak, tanggalnya bisa disesuaikan. Sedangkan lokasinya bisa disebutkan, seperti ini “dalam perjalanan dr rumah ke kantor”
      2. Buat Iklan dulu? Mungkin itu persyaratan jadoel mbak. Konsep pelayanan sekarang adalah penentuan metode verifikasi yang valid dan efisien. Jika data fisik kendaraan (esek-esek) sesuai dengan data arsipnya, proses selesai. Orang mau bayar pajak harusnya gak dipersulit. So, ndak perlu ngurus iklannya mbak… πŸ™‚

  • Klo mau ngurus balik nama bpkb harus buat stnk dlu yaa mas ?? Saya faisal yang tadi mas

    Reply
  • Mas klo semisalkan mau ngurus stnk hilang tapi fotocopy ga ada dan stnk sudah atas nama saya tapi bpkb masi nama orang yang punya motor sebelum saya (blom balik nama) nah saya mau balik nama bpkb juga itu masi bisa ga ya? , soalnya saya ga ada fotocopy stnknya mas

    Reply
    • Bang Faisal :
      1. Syarat Fotocopy STNK bukanlah syarat mutlak untuk pengurusan STNK yg hilang.
      2. Syarat untuk mengurus balik nama BPKB / STNK :
      a. STNK (asli)
      b. BPKB (asli)
      c. KTP (asli)
      d. Kwitansi pembelian kendaraan (asli, dan ber-meterai)
      3. Mengurus STNK yg hilang sekaligus balik nama di BPKB, sangat mungkin dilakukan. Setelah melakukan cek fisik kendaraan, silakan ke loket pengurusan STNK Hilang / Loket Balik nama. Sampaikan keperluan sobat. Petugas yang jaga akan siap membantu segala keperluan Bang Faisal.
      Semangat bang… πŸ™‚

  • Mas mau tanya saya kan sudah ngurus STNK saya yg hilang sama perpanjang pajak motor dibiro jasa…. Tpi sudah sampe seminggu ini blom kelar jga…. Klo ditanya emang lama ngurus stnk yg hilang di polda… Apa ada permainan dri pihak biro jasaya jadi di perlama..?

    Reply
    • Putri, dari pengalaman ane, harusnya tidak sampai satu hari sudah jadi. Kebetulan saja ane ngurusnya hari Sabtu (buka setengah hari) dan udah agak siang shg mesti kembali ke Samsat di hari Seninnya.
      Sering berkomunikasi aja dg biro jasanya sis. Barangkali memang agak lamakarena jumlahnya banyak / kolektif.
      Semoga cepet kelar ya sis. πŸ™‚

  • mas saya mau tanya jika stnk hilang tanpa punya fotocopynya itu prosedurnya gmn , thanks

    Reply
  • Mas tanya dong.. kalo mau cek fisik nunjukin bpkb juga ga? Bpkb di rumah semarang nih.. stnk ilang di jakarta.. motor jg di jakarta.. maksud hati cek fisik di jakarta berkas sy kirim ke semarang.. jd perlu nunjukin bpkb dlu g pas cek fisik.. tengkyu

    Reply
    • Oki, BPKB asli syarat utama mas… jadi harus dibawa. Ngomong2, mobil/motor B apa H mas? Klo H, mesti diurus di Semarang lho. Tp klo B, tinggal dikirim via JNE apa TIKI dari Semarang ke Jakarta. πŸ™‚

    • NB, jika motor bernomor polisi Semarang, motor harus dibawa ke Semarang untuk cek fisik. Namun kalau pake Biro Jasa, biasanya cukup di-esek2 sendiri, dan kertas esek2-nya dikirim ke biro jasa di Semarang.

  • Mas klo misal sim kalimantan…. trus skrng mau d perpanjang d nganjuk…ada ktp ngajuk sudah…apa harus ikuti prosedur buat sim dari awal…..

    Reply
    • Ria Sulistiani, klo saya, mending bikin baru di Nganjuk ae mbak. Biaya pesawat bolak-balek ke Kalimantannya dialihkan buat ngurus SIM di Nganjuk, ijik menang akeh mbak… πŸ˜€

  • Mas mau tanya, kalau STNK saya hilang di bulan november, dan pajak mobil saya masih berlaku sampai bulan Mei 2016. Apa saya harus bayar pajak kendaraan di bulan mei 2016 juga? Kalau hanya kena biaya administrasi aja bisa gak ya?

    Terimakasih sebelumnya

    Reply
  • mas stnk saya hilang + blm byr pajak slama 5 thn(ganti plat) bpkb ada ..saya rencana mau urus sendiri..langkah pertama ke polsek bikin srt kehilangan ya…bawa motor ke samsat buat esek2..setelah itu rumit ga mas proses nya..mksh

    Reply
    • Mas Joko :
      Betul mas, langkah pertama adalah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, salah satunya surat keterangan kehilangan dari polsek. Selanjutnya tinggal diurus di samsat setempat. Kelihatannya rumit, tapi nggak kog. Petugas disana akan siap membantu semua prosesnya. Datang lebih pagi aja mas, biar nggak terlalu banyak antrian. Tetap semangat ya πŸ™‚

  • mas gmana cara ngurus sntk hilang .stnk ny bkan atas nma sya
    maklum beli di sorum motor beralamat jaktim sedangkan saya di tangerang kab
    mhon info

    Reply
    • Mbak Marta :
      1. Pengurusan dilakukan di Samsat yang mengeluarkan STNK. Biasanya sama dengan domisili pemilik. Bisa juga dilihat dari nomor polisi. Jika nopol B 9999 TXX, berarti ngurusnya harus di samsat jaktim (di jatinegara). Lihat komentar sebelumnya untuk mengetahui wilayah nopol yang berawalan “B”.
      2. Buat Surat Kuasa Pengurusan STNK hilang dari pemilik pertama. Jangan lupa pinjam KTP-nya sekalian. Contoh Surat kuasa bisa dilihat di komentar sebelumnya.
      Semoga membantu… πŸ™‚

  • mas mau tanya .

    ak bru hilang stnk bagaimana caranya kalo bpkb gak ada .soalnya motor kredit belum lunas

    Reply
    • Ahmad Bagus :
      Menurut pemahaman ane, BPKB itu syarat vital krn merupakan satu-satunya bukti syah kepemilikan kendaraan. So, mesti dibawa bro. Jika BPKB masih ada di Perusahaan Pembiayaan (PP) krn angsuran belum lunas, silakan datang ke sana untuk melakukan peminjaman BPKB. Jika peminjaman BPKB asli tidak bisa, minta copy BPKB ke PP disertai surat keterangan bahwa BPKB masih menjadi jaminan PP.
      Semoga membantu… πŸ™‚

  • maaf ane mau nanya stnk ane hilang tapi atas nama nyokap. itu bikin surat kehilangan stnk di kantor polisi apa bisa langsung di samsat?

    Reply
    • Eka, langkah pertama mesti ke polsek untuk mengurus surat keterangan kehilangan bro. Pengurusan selanjutnya dilakukan di Samsat. Jika mas bro sendiri yang urus, bikin dulu Surat Kuasa dari nyokap ke Mas bro. Format surat kuasanya bisa dilihat di komentar sebelumnya.
      Semoga membantu… πŸ™‚

  • Makasi ya infonyaaa gan

    Numpang nanya nih kan stnk aku ilang dan atas nama kakakku tapi kami sekeluarga udah pindah dr depok jadi orang jakarta sdgkan stnknya masi pake ktp lama. Itu gmn ya gan? Boleh ngga kirim ke samsat sama ngurus pake ktp org yg sama tapi alamatnya beda? Thanks soalnya mau urus nih

    Reply
    • Tasya, nomor NIK seseorang tidak berubah meskipun telah pindah alamat. So, sebenarnya tidak ada masalah. Namun untuk jaga-jaga, tidak ada salahnya membuat surat pernyataan pindah alamat sis. Eh ya, klo Tasya yang urus, jangan lupa Surat Kuasanya ya.. πŸ™‚

  • Permisi gan , numpang tanya .. Samsat yang kita datangin harus samsat yang sesuai stnk ato gak? Saya mau ngurus stnk hilang .. Saya gatau ke samsat mana , karena stnk hilang dan gapunya kopiannya juga .. Mohon pencerahannya

    Reply
    • Deni, betul bang.. Harus diurus di samsat setempat krn berkaitan dengan pencocokan data di bagian kearsipan. Untuk motor yang bernomor polisi “B 9999 UDG”, kode wilayah ada di nomor pertama dari tiga huruf terakhir = “U”. Rincian kode wilayahnya sbb :
      U – Jakarta Utara
      B – Jakarta Barat
      P – Jakarta Pusat
      S – Jakarta Selatan
      T – Jakarta Timur
      Z – Kota Depok (Cinere, Limo, Sawangan)
      E – Kota Depok (Sukmajaya, Cimanggis, Beji, Cipayung)
      N – Kabupaten Tangerang (Gading Serpong, Mauk, Tigaraksa)
      C – Kota Tangerang (Karawaci, Neglasari, Cibodas, Tangerang Kota, dan Bandara Soekarno Hatta)
      V – Kota Tangerang (Ciledug, Larangan, Perdurenan, Cipondoh)
      K – Kota Bekasi
      F – Kabupaten Bekasi
      Y – Kabupaten Bekasi
      W – Kota Tangerang Selatan
      G – Kabupaten Tangerang
      X – Kendaraan sementara (digunakan sebagai TCKB)
      So, B 9999 UDG -> wilayah samsat Jakarta Utara. Semoga membantu.

  • permisi mas, klo mau urus STNK hilang namun KTP asli sang pemilik nama yang diBPKB tidak ada apa bisa? hanya ada fotocopynya saja mas, dan penyerahan semua berkas pada saat cek blokir? rencana saya ingin datang sabtu untuk cek fisik motor saja lalu dilanjut senin melakukan yang lainnya apa harus bawa motor kesamsat pada senin itu juga?

    Reply
    • Dwi, prinsipnya nggak bisa bro… Tapi klo memang mas bro kesulitan untuk menemui pemilik asli untuk pinjam KTP asli, silakan sampaikan kermasalahannya kpd petugas. Pasti ada “solusi” nya kog. πŸ™‚

    • ia sich mas.maklum dlu buat d sna pun jga nembak….la yg q ragu d sni. Apa bener pembuatan sim B2 umum.awal buat…harus mempunyai sim A.B1.dan b2…baru bisa B2umum….dan butuh pros yg agak lama…maklum sim lama 1 tahun lagi mati…mohon pencerahanya ya mas

    • Tak cuplik dari UU nya aja ya mbak :
      Syarat tambahan berdasarkan Pasal 83 ayat (4) UU No. 22 Tahun 2009:
      -Permohonan SIM A Umum harus memiliki SIM A sekurang-kurangnya 12 bulan
      -Permohonan SIM B1 Umum harus memiliki SIM B1 atau SIM A Umum sekurang-kurangnya 12 bulan
      -Permohonan SIM B2 Umum harus memiliki SIM B2 atau SIM B1 Umum sekurang-kurangnya 12 bulan

  • Mas saya mau ngurus stnk yang hilang dan perpanjangan 6 tahun..
    Motor saya BEAT Tahun 2009, kira2 biayanya berapa ya ??

    Reply
    • Rika, menurut penafsiran ane, dengan asumsi harga jual beat 2009 adalah 8 jt rupiah, rinciannya sbb :
      1. PKB (8 jt X 1.5% ) = 120.000
      2. SWDKLLJ = 35.000
      3. ADM
      – Karena hilang = 50.000
      Total : Rp. 205.000,-
      Semoga membantu.. πŸ™‚

    • Sy td siang 26/10/2015 mngambil cabut brkas/mutasi plus STNK hilang plus balik nama di Samsat Balaraja Banten utk pindah ke kota tangerang.
      Biayanya d STNK tsb Rp 811.200 (dbulatkan 812rb).
      Stlh smpai Samsat Kota Tgrang , utk kembali besok 27/10/2015.
      Jd utk biaya slanjutnya sy msh blm tau…
      πŸ™‚

    • Bang Zein, terima kasih atas kesediaan Abang untuk berbagi pengalaman disini. Semoga info ini bermanfaat bagi rekan-rekan yang lainnya.. πŸ™‚

  • Mas saya beli motor tanpa stnk dn plat nomor , yg ada hnya bpkb domisili lampung .. Kalo sya mau urus d bekasi sekalian balik nama estimasi biaya nya berapa

    Reply
    • Bang Adhon, untuk biaya dalam kasus khusus seperti ini, terus terang ane belum punya referensi tentang estimasi biayanya. Ada baiknya hubungi biro jasa aja bang, mengingat lokasinya yang berjauhan dan persyaratan pemberkasan yang tidak lengkap tsb.

  • mau tanya juga gan kemaren saya habis kecopetan ditanah abang dompet beserta isinya raib, yg saya tanya kan ktp si pemilik stnk ada beserta bpkb nya, tapi ktp ku ilang , sementara saya yg harus urus stnk yg hilang itu tanpa ktp saya, bisakah mengurus stnk tanpa ktp yg diwakilkan dlm surat kuasa? ktp saya daerah blm bisa urus krna masalah pekerjaan yg menumpuk disini, apa pengurusan stnk yg hilang bisa diurus dusamsat jakarta barat jln daan mogot ?

    Reply
    • Ikbal, mungkin bisa dicoba dengan dijembatani dengan surat keterangan kehilangan KTP beserta surat keterangan domisisli seperti komen sobat Fara Fernanda, bro. Silakan datang ke Samsat Daan Mogot u/ wil jakbar, jika ternyata itu tidak cukup, pasti ada solusi lain yang ditawarkan petugas di sana.

  • Maaf mas mw tanya,,saya mau urus pajak 5 tahunan,,tp ktp asli saya hilang..itu gmana y mas?bs gk y? Tp ktp asli sy yg sblumnya ada sudah habis masa brlakunya,apa bs pake yg itu mas?tks

    Reply
    • Chie, menurut pemahaman ane, jika satu syarat hilang, besar kemungkinan tidak bisa diurus. Idealnya, KTP-nya diurus terlebih dahulu. Ini penting bro, bukan hanya sekedar untuk ngurus surat-menyurat kendaraan lho..
      Btw, jika emang mendesak, menggunakan biro jasa mungkin bisa dijadikan alternatif.

    • Bisa pake SIM/Pasport, kekuatan hukum nya sama. Tapi alamat yang tertera harus sama dengan alamat di STNK

    • Tambahan dari Bang Junaedi, mungkin bisa dijadikan alternatif, Chie..

      Bang Junaedi, thanks.. πŸ™‚

    • Saya mantan pegawai samsat.

      setahu saya, kalau ktp tidak ada (ktp yang masih berlaku hilang, dan ktp lama masih ada) tinggal dibuatkan surat keterangan hilang dari kepolisian dan surat domisili dari kelurahan dan kecamatan mas.

      Semoga membantu

    • Alternatif dan info dari sobat Fara Fernanda bisa dijadikan alternatif..

      Fara Fernanda, thanks sob.

  • mas mau tanya, apa perlu membuat iklan kehilangan stnk di koran/radio atau tidak? terima kasih.

    Reply
    • Husen, pengurusan di samsat Jakarta tidak memerlukan persyaratan tersebut bro. Ane juga denger, di beberapa samsat lainnya men-syaratkan hal itu dalam pengurusan STNK yang hilang. Idealnya memang tidak ada persyaratan nyleneh tsb bro.. Mo bayar pajak harusnya dipermudah.. πŸ™‚

  • Mas mau nanya. Stnk saya kan ilang tapi gaada duplikatnya, itu gimna ya?
    trs biaya yang dipakai untuk mengurus kembali stnk yg hilang itu emng bnr 50 rb? Kata tmn ane ampe 1jt-,- tolongdijawab yaa… terima kasih

    Reply
    • Nisa,
      Persyaratan Duplikat atau photo copy STNK itu tidak mutlak sis, jika memang tidak ada, gak jadi masalah.
      Tidak benar kalau sampai Rp 1 juta. Biaya pengurusan STNK motor hanya Rp 50 ribu. Biaya ini khusus pengurusan di samsat ya. Tidak termasuk biaya administrasi pembuatan surat keterangan kehilangan dari kepolisian (suka rela dan tidak dipatok, bahkan klo memang gak punya uang, gak bayar pun gak masalah), tidak termasuk biaya photo copy, biaya transport/bensin dan biaya jajan di kantin dekat samsat ya.. πŸ˜€
      Jangan ragu untuk mencoba mengurus sendiri Nis, asik bisa dapet pengalaman yang langka. Semangat ya.. πŸ™‚

  • AGan yg terhormat saya baru kehilangan stnk dan stnk tsb bkn atas nama saya lagi pula entah kemana domisili skg .Bpkbpun ada di leasing … utk urus stnk bisa gak ya.. terimakasih ats pencerahanya Gan.

    Reply
    • Bang Thomas, untuk permasalahan KTP pemilik asli yang susah/tidak bisa ditemui, mungkin jawaban untuk Bang Ridwan di komentar sebelumnya sama bang.
      Mengenai BPKB yang masih di perusahaan leasing, silakan hubungi perusahaan tsb untuk melakukan peminjaman BPKB.
      Semoga membantu…

  • mw tny mas, stnk motor sy hlg dan sy membeli mtor trsbt second jadi sy tdk pun ktp pemilik motor yg prtma.nah tnp ktp asli trsbt bgmn agar sy ttp bs mngrs stnk?lalu bila sdh ada srt kuasa dr pmlk prtm apakah masih hrs mmbw ktp pmlk prtm yg asli? trima ksh

    Reply
    • Wisuda, betul bro, selain surat kuasa dari dari pemilik yang namanya tercantum dalam stnk, juga mesti membawa ktp asli dan copynya…

  • gan, kalo ga ada ktp atas nama pemilik kendaraan gimana? apakah masih bisa di urus? atau harus tetep ada ktp asli pemilik kendaraan? mohon pencerahannya???

    Reply
    • Bang Ridwan,
      Kasus ini mirip kasus seorang temen yang beli hasil lelang perusahaan, lantas perusahaan tsb bangkrut. Jika memang ktp pemilik tidak bisa ditemukan krn sesuatu sebab, kita tinggal siapkan dokumen pendukungnya spt dokumen jual beli. Untuk menjembatani kasus tersebut biasanya dibuat semacam berita acara atau surat pernyataan terkait dengan hal tersebut.
      Silakan berkonsultasi langsung ke samsat setempat mas, logika ane, orang mau bayar pajak harusnya tidak dipersulit. Semoga lancar bro… πŸ™‚

  • Malam mas infonya sangat membantu, yang saya ingin tanyakan apakah ada perbedaan antara stnk yang hilang dan yh baru di bikin? Apakah nomor plat polisinya berubah? Soalnya motor saya plat nya angka bagus terima kasih

    Reply
    • Setiawan, memang ada perbedaan pada STNK yang baru dengan yang lama. Perbedaannya terletak pada tulisan di belakang No. Registrasi STNK. Yang lama/hilang : B 9999 XXX BN KENDARAAN BARU
      Yang Baru/pengganti ” B 9999 XXX COPY STNK HILANG
      Sedang data yang lainnya tentunya tidak berubah. So, jangan khawatir nomor polisinya diganti bro… πŸ™‚

  • Mas Badrun, saya mau tanya, kalau misalnya asal motor saya dari Jogja, kemudian stnk hilang di Pasuruan (karna motor saya bawa ke Pasuruan), apakah cek fisik bisa lewat samsat terdekat ya? Karna kan repot ya kalau motor harus dibawa balik ke Jogja… Makasih sharingnya.. ^_^

    Reply
    • Mbak Asti, sepengetahuan saya, nggak bisa lho mbak.. pengurusan penggantian STNK harus di Samsat dimana STNK itu diterbitkan (termasuk Cek fisik kendaraan) karena berkaitan dengan pendapatan pajak dari dispenda setempat. πŸ™‚

  • kebetulan stnk saya atas nama orang hilang.persaratannya udah lengkap.pertayaannya mulai dari mana yang harus saya kerjakan di samsat.
    terimakasih

    Reply
  • Mas, mau tanya surat Kuasa itu buatnya gimana yaa?

    Reply
  • apakah benar cuman 50 ribu?. saya pernah dengar hampir setengah juta. mohon pencerahanya πŸ™‚

    Reply
    • Benar bro. Setengah juta mungkin jika lewat biro jasa. πŸ™‚

    • mas stnk saya hilang tapi bpkb sama stnk beda nama . bedanya nama bpkb a/n ahmad suami dari pemilik stnk a/n edeh . jadi gmn ?? dan mmbuat surat kuasa di buat sama siapa ? terima kasih tolong bantuannya

    • Mbak Rani, terus terang mbak, saya baru nemui kasus seperti ini. Harusnya nama di STNK dan di BPKB sama. Gini aja, pada saat mengurus STNK hilang, jangan disertakan photo copy stnk a/n Edeh itu. Buat surat kuasa pengurusan STNK dari Pak Ahmad ke mbak Rani. Contoh format bisa dilihat di komentar sebelumnya.

  • Makasi ya mas sebelumnya atas info ini, saya mau tanyak klo fotocopy stnk sama fotocopy buku hita,nya gk ada gmn ya?

    Reply
  • mas,kalo untuk lokasi kantor samsat yg kita tuju,apakah kita harus ke samsat tertentu di daerah tsbt, atau bisa ke seluruh samsat daerah tersebut mas? untuk mengurus STNK kita yang hilang. saya daerah surabaya.

    Reply
  • kak, bikin surat kuasanya di sana atau gimana?

    Reply
    • Ikha, buatnya sebelum ke samsat tentunya. Misal, Ikha mo ngurus STNK hilang punya Om Nuri, garis besar surat kuasanya begini :
      SURAT KUASA
      Yang bertanda tangan dibawah ini,
      Nama : Nuri
      No KTP : 133.1321333333
      Pekerjaan : PNS
      Alamat : Jalan2 ke prj yuk
      Dengan ini memberikan kuasa kepada :
      Nama : Ikha
      No. KTP : 13333333
      Pekerjaan : Mahasiswa
      Alamat : Jalan? boleh dong

      Untuk mengurus STNK mobil / motor atas nama saya dengan identitas kendaraan : Honda beat, warna merah, No. Pol : … No. Rangka : …. No. Mesin : …
      Surat kuasa ini saya buat sehubungan dengan kondisi kesehatan (atau apalah…).
      Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sesungguhnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
      Bojong kenyot, 31 Feb 2050

      Pemberi kuasa ——————- Penerima Kuasa
      ttd (materai 6 rb) —————— ttd
      Nuri ——————– Ikha

      Semoga membantu… πŸ™‚

  • Thanks info nya bro gan mas sangat berguna.

    Kebetulan ane juga mau mengurus STNK ane yg hilang entah kemana,dengan membaca artikel agan ane bertekad sepenuh hati (lebay yaa,bodo ah) ane mau mengurus sendiri di samsat,di artikel ente di situ di sebutkan bahwa harus cek fisik nah yg jadi pertanyaan nya apa bisa STNK ane di urus karna motor ane berubah bentuk (abis di modif om :D) apa cuma gesek nomor mesin sama nomor rangka aja.??

    Reply
    • Bung Azwar, cek fisik (esek-esek) yang utama adalah mengecek nomor rangka dan nomor mesin. Jika warna utama yang tercantum di STNK sudah rancu krn modifikasi, silakan sampaikan ke petugasnya bagian cek fisik kendaraan klo warna sebenarnya yang tertera di STNK.
      Semoga lancar bro… πŸ™‚

  • Mas…stnk saya hilang…sekrang mau ngurus mutasi dan balik nama dari bekasi ketegal…apa perlu saya mengurus dulu stnk yang hilang tadi atau prosesnya langsung tidak perlu ada stnk asli punya saya yang hilang tadi???mhon pencerhannya…

    Reply
    • Mas Imam, syarat mutasi Kendaraan :
      – BPKB
      – STNK
      – Cek Fisik Kendaraan
      – Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
      – KTP pemilik (daerah yang akan dituju)
      Jika STNK hilang, tentunya syarat tersebut tidak terpenuhi. So, kita mesti urus dulu STNK-nya mas..

  • saya besok baru akan mengurus stnk motorku hilang.
    persyaratannya sudah aku siapin semuanya, kira-kira untuk biaya aku harus bener-bener estimastiin aku harus bawa uang berapa ya? soalnya banyak simpang siur. mohon infonya:)

    Reply
    • Mitaaa… tergantung. Klo sekalian perpanjang, kira2 sama dengan tulisan saya… Tp klo diitung ama nongkrong di starbuck tentunya mesti lebih deh… πŸ˜€

  • Mas gimana kl ktp atas nama STNK pemilik ga ada misalnya, krna sy beli mobil nya via lelang yg stnk nya ga ada (alias anggap aja hilang) ? gimana prosedurnya dan fotocopy stnk nya jg ga ada?

    Reply
    • Mas Johan, pada prinsipnya segala dokumen yang disyaratkan untuk pengurusan STNK yang hilang adalah untuk mem-verifikasi apakah si pelapor benar-benar pemilik sah dari kendaraan ybs. Untuk kasus mas Johan, dokumen jual beli via lelang dan BPKB aslinya menjadi kunci. Silakan datang langsung ke samsat, nanti akan diberikan jalan keluarnya. Ya, tentunya pasti ada biaya tambahan untuk itu.
      Semoga membantu mas… πŸ™‚

  • Hari ini saya baru mengurus perpanjangan stnk 5 tahunan. Saya datang pukul 8 pagi, keseluruhan proses mulai cek fisik sampai pembayaran pajak berlangsung lancar (karena masih pagi jadi belum ramai) sehingga sekitar pukul 9 sudah beres, hanya tinggal menunggu stnk baru di print. Akan tetapi saya benar-benar kecewa dan tidak habis pikir, menurut petugas di loket tersebut stnk baru bisa diambil pada pukul 14 alias saya harus menunggu selama 5 jam??! Padahal menurut uraian di atas perlu waktu sekitar 10 menit saja.

    Reply
    • Mbak Liza, turut prihatin atas kejadian yang menimpa mbak. Mungkin, kebetulan petugas yang berjaga untuk mencetak BPKB sedang berhalangan. Bagaimanapun keadaannya, kita mesti bersyukur, bisa kelar satu hari.
      Tetap semangat ya mbak… πŸ™‚

  • Mas bagaimana bila stnk hilang tanpa fotocopy tp mengurusnya dr luar kota, saya beli motor dr sby dan skrg dibawa di bekasi
    Apa bisa diurus di samsat luar kota?

    Reply
    • Mas Imam, mengurusnya harus di samsat Surabaya mas. Ini berkaitan dengan pendapatan pajak kendaraan oleh Dispenda setempat.

  • Terimakasih informasi, salam dari redaksi…

    Reply
  • Makasih Mas informasinya tentang cara mengurus STNK hilang. Untuk informasi tambahan, bagi yang kendaraannya atasnama BUMN / instansi pemerintah / TNI, perlu ditambahkan Surat Tugas yang dibubuhi stempel basah. Sedangkan untuk Badan Usaha biasa perlu tambahan SIUP dan surat kuasa (jika dikuasakan).

    Informasinya sangat membantu sekali. Awalnya saya ragu untuk mengurus, tapi saya yakin birokrasi di Indonesia sudah cukup baik sejauh ini. Hanya saja, tetap saja yang lewat pintu belakang, pasti diutamakan. Gak bisa dipungkiri, itulah kenyataannya. Tapi yang lewat jalur depan (loket) jangan berkecil hati. Kita akan tetap dilayani. Hanya saja yang pelru saya sampaikan, pastikan berkas anda lengkap dan benar. Jika tidak, anda akan merasakan rasanya disuruh bolak-balik sampai anda teler. Apalagi jika anda mengurus dengan prosedur khusus. Hahaha… Saya sudah merasakannya disuruh bolak balik 3 kali.

    Meskipun demikian, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Semakin kita belajar memahami birokrasi, kedepannya kita paham bagaimana prosedur di suatu instansi itu berjalan.

    Tetap semangat dan percayalah pada birokrasi kita akan semakin membaik.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *