KM Sabuk Nusantara 66, solusi wisata / liburan murah ke Pulau Seribu

Last updated on April 16th, 2018 at 10:45 am

KM Sabuk Nusantara 66 – di Pelabuhan Sunda Kelapa

K-blog. Banyak orang beranggapan bahwa berwisata atau liburan ke Pulau Seribu biayanya mahal. Anggapan itu tidak seratus persen benar. Saat ini sudah ada kapal dengan kelas eksekutif dengan tarif ekonomi Rp. 15.000,- siap melayani perjalanan anda ke Pulau Seribu. Hari Sabtu tanggal 8 Juli 2017 kemarin, ane berkesempatan mencoba kapal baru KM Sabuk Nusantara 66 atau biasa disebut KM Sanus 66. KM Sanus 66 merupakan kapal perintis buatan PT Karimun Marine Shipyard, dan memiliki spesifikasi panjang 42 meter, lebar 9 meter, tinggi 4 meter, kecepatan 12 Knot. Daya mesin 2 x 600 HP, kapasitas penumpang 114 orang, kapasitas ruang muat 100 Ton, dan jumlah ABK 18 orang (krjogya.com). Berikut ini ane sampaikan fakta-fakta yang ada di lapangan sebagai bahan referensi bagi anda.

Posisi sandar KM Sabuk Nusantara 66 di Pelabuhan Sunda Kelapa

KM Sabuk Nusantara 66 adalah penerus dari KM Sabuk Nusantara 46 yang pengoperasiannya sekarang dipindah ke wilayah Papua sehingga posisi sandarnya di Pelabuhan Sunda kelapa pun sama . Untuk detail posisi sandarnya bisa sobat cek disini. Atau anda bisa telusuri via Google map berikut ini :

Untuk mencapai lokasi sandar kapal, jika menggunakan kendaraan umum :

  • Mikrolet  No. 15 (warna Merah) Jurusan Tj. Priok – Kota via Pasar Ikan. Turun di Pintu Gerbang Pel. Sunda Kelapa. Jarak ke lokasi sandar kurang lebih 1 KM, jika menggunakan jasa ojek sepeda tarifnya 10 rb.
  • Kopami Jurusan Muara Angke – Senen, turun di jembatan pasar ikan.
  • Bus transJakarta, hanya melayani angkutan penumpang pada saat KM Sanus 66 tiba dari Pulau Seribu.
  • Yang paling enak, gunakan taxi atau transportasi online karena pasti langsung sampai di lokasi sandar kapal dan tidak memikirkan biaya parkir. Oh ya, kalau sobat bawa kendaraan sendiri parkirnya di halaman KSOP Sunda kelapa ya.

Kebetulan saat keberangkatan kemarin, posisi sandarnya berada tepat di sebelah utara KSOP Sunda kelapa. Lokasi ini sifatnya sementara karena lokasi sandarnya sedang dipakai oleh Kapal Perang AL.

Jadwal Keberangkatan

Pada saat peluncurannya, pihak Pelni menyebutkan bahwa KM Sanus 66 akan melayani Pulau Seribu setiap hari PP. Berangkat dari Sunda Kelapa jam 08.00 dan berangkat dari Pulau Kelapa pukul 16.00 . Fakta dilapangan tidaklah begitu. Menurut info dari ABK jadwal keberangkatan KM Sanus 66 sbb :

  • Dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Pulau Seribu :
    Setiap hari Sabtu, Senin dan Rabu jam 08.00 WIB
  • Dari Pulau Seribu ke Pel. Sunda Kelapa :
    Setiap hari Minggu, Selasa dan Kamis jam 09.00 WIB

Jam keberangkatan dari Pulau Kelapa sangat mungkin berubah, jika berencana pulang ke Jakarta menggunakan Sanus 66 lagi, sebaiknya sobat tanyakan dahulu kepada ABK tentang jam keberangkatannya. Sedangkan jam keberangkatan dari Pel Sunda Kelapa biasanya Fix

Rute Pelayaran :

  • Rute pelayaran KM Sabuk Nusantara 66 adalah Pelabuhan Sunda Kelapa – Pulau Untung Jawa – Pulau Pramuka – Pulau Kelapa. Waktu ane berangkat kemarin dari Pel Sunda Kelapa jam 08.00 sampai P. Untung Jawa jam 9.30, sampai P. Pramuka jam 12.00 sampai P. Kelapa kira-kira jam 13.30 WIB.

Tarif

  • Tarif sekali jalan Rp. 15.000,- dan berlaku flat / sama. Sangat murah karena disubsidi oleh Pemda DKI.





Untuk fasilitas yang ada di kapal bisa dibilang sangat memadai dan terkesan mewah. Berikut ini gambarannya :

Deck Utama

Ketika anda pertama kali naik KM Sabuk Nusantara 66 ini, maka anda akan masuk di ruang penumpang di Deck Utama.

ruang_atas_sanus_66
Ruangan penumpang di Deck Utama KM Sanus 66

ruang_utama_sanus_66
Di ruangan ber-AC ini terdapat 42 tempat duduk, mini market (Pelni Mart), 2 ruang toilet (untuk pria dan wanita), mushola dan ruang-ruang khusus untuk ABK. TV dan peralatan karaokepun tersedia. Jika sobat tidak bisa tidur, silakan request lagu kepada petugas yang jaga.
pel_mart_sanus_66
Ini penampakan Pelni Mart. Disini pelayanan pembelian tiket kapal dilakukan. Selain itu anda bisa membeli makanan dan minuman. Namun jenis minuman dan makanannya terbatas, ente nggak bisa pesan  pizza disini… 😛

toilet_1
Kondisi Toilet Km Sabuk Nusantara 66

toilet_2
Gambar diatas adalah gambar ruang toilet pria, masih bersih dan tidak berbau.  Semoga untuk selanjutnya tetap begini . Amin 🙂 Sebenarnya mau ambil photo di toilet wanita untuk digunakan sebagai pembanding, tapi  maaf ane gak mau disebut sebagai voyeurism  broooo… 😛

Deck Bawah

Untuk menuju ruangan bawah, anda bisa menggunakan tangga yang terdapat di bagian depan dan belakang.
kamar_tidur_sanus_66
Di deck bawah ini merupakan ruangan tidur. Disini terdapat tempat tidur bertingkat dengan kapasitas untuk 72 orang. So, jika ditambah dengan 42 tempat duduk di deck utama maka kapasitas penumpangnya menjadi 114 orang.  Ada peningkatan kualitas dibandingkan dengan tempat tidur KM Sanus 46, yaitu terdapat pembatas yang terbuat dari stainless. Kasur dibalut dengan bahan kain dan bukan bahan terpal. Selain itu warnanya yang terang memberikan kesan bersih dan tidak disukai nyamuk.

live_jackets_pelampung
Untuk live jackets / jaket pelampung, bisa anda ambil di laci dibagian bawah kasur seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Di Deck bawah ini juga terdapat TV dan 2 buah ruang toilet untuk pria dan wanita.

Deck Atas

Dek atas terdiri dari ruangan kemudi bagi nahkoda kapal, kamar tidur dan ruangan lain yang diperuntukkan bagi ABK kapal. Sayangnya ane gak ada akses kesana. 🙁

kapal_sekoci_sanus_66
Perahu penyelamat (sekoci) KM Sabuk Nusantara 66

Sebagai bagian dari pelayanan keselamatan, selain jaket pelampung, KM Sanus 66 juga dilengkapi dengan sekoci. Ada dua buah sekoci yang disiapkan di deck atas bagian belakang kapal.

Lain-lain
km_sabuk_nusantara_pulau_kelapa
Ini adalah gambar KM Sabuk Nusantara 66 ketika bersandar di Pelabuhan Pulau Kelapa.

mancing_cumi
Jika Ke Pulau Seribu, ane saranin, jangan lupa bawa joran dan teman-temannya, siapa tahu bisa strike cumi-cumi disini… 😀

Catatan :

  • Bagi anda yang berencana menggunakan KM Sabuk Nusantara 66 sebagai transportasi PP / bolak-balik dari P. Seribu, sebaiknya tanyakan dulu kepada ABK jam keberangkatan dari P. Kelapa untuk esuk harinya. Jam keberangkatan KM sanus 66 ini bisa saja mundur dari jadwal awal, dikarenakan sudah ada deal dengan rombongan penumpang lainnya. Jika jadwalnya mundur, tentunya menjadi kabar baik bagi anda yang berniat liburan di Pulau Seribu.
  • Ketika Kapal mulai berangkat, tidak ada cuap-cuap dari pihak kapal terkait dengan perjalanan Kapal. Ada baiknya info tentang perkiraan sampai di Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa disampaikan kepada penumpang. Selain itu prosedur dan segala sesuatu yang terkait dengan keselamatan juga perlu disampaikan. Tidak usah diperagakan seperti di Pesawat terbang atau peragaan dengan audio visual, cukup dengan info via suara / audio saja.  Info via pengeras suara punya kelebihan karena bisa menjangkau semua penumpang, baik yang sedang berada di dalam ruangan maupun para Ahli Hisap yang berada di luar ruangan. (Update 22 Januari 2018 : Terkait dengan segi keselamatan, saat ane  naik sanus 66 tanggal 20 – 21 Jan 18 kemarin sudah ada perbaikan. Saat kapal mau berangkat, ada petugas kapal yang memberikan penjelasan tentang fasilitas keamanan yang ada di kapal serta memperagakan cara pemakaian jaket pelampung yang benar. ) Demonstrate the use of life jacket - KM Sabuk Nusantara 66

Hmm, perjalanan yang cukup panjang ini tidak enak jika anda habiskan hanya asik dengan gadget anda. Peluang bersilaturahmi terbuka lebar, silakan manfaatkan sebaik mungkin. So, senang bertemu anda, Bung Putra Wijaya – Medan, Bang Joni – Agen Agra Mas Pondok Pinang, Ko A Seng – mantan ABK kapal pengangkut batubara dan Denis – Pulau Kelapa. Semoga bisa bertemu lagi dilain kesempatan. Amin

Jika biaya transportasi dulunya menjadi salah satu komponen biaya yang porsinya besar, dengan adanya sanus 66 bisa menekan pengeluaran saku anda. So, Sanus 66 bisa dikatakan sebagai solusi wisata / liburan murah pulau seribu atau solusi mancing murah pulau seribu. 🙂

83 thoughts on “KM Sabuk Nusantara 66, solusi wisata / liburan murah ke Pulau Seribu

  1. kereen bang infonya, sangat bermanfaat, mau tanya bang untuk maksimal berat bawaan adakah?.. rencananya sekalian mau kirim barang bisa gak yah..

    1. Hannah, tidak ada aturan yg baku tentang berat bawaan sis.. Namun kita mesti paham, bahwa kapal ini adalah kapal penumpang (bukan kapal barang). So, selama barang bisa dijinjing, kayaknya masih Ok. Namun klo bawa Kulkas atau mesin cuci, sebaiknya sobat konfirmasi dulu ke ABK. Yang jelas klo bawa motor sih boleh, biayanya Rp. 50 rb.
      Beginu sis.. semoga membantu…

  2. Bang mau nanya, pertengahan maret kemarin saya ke sunda kelapa salah hari naik sanus, setelah saya tanya katanya jadwalnya itu jadi hari senen jkt-p1000, selasa p1000-jkt, gitu bolak balik dan hari minggu libur, jadi jadwal dari jkt senin, rabu, jumat, kalo dari p1000 selasa kamis sabtu, apa itu benar bang?

    Sama bisa tolong jelasin yang ojek itu bang, itu ojek antar pulau atau gimana bang?

    1. Bang Fajar, soal jadwal.. ane konfirmasi ke ABKnya dulu ya…
      Soal Ojek, itu istilah orang P1000 untuk menyebut kapal2 kecil yang melayani rute antar pulau namun yg jaraknya dekat. Gambar berikut ini Ojek yang melayani P. Pramuka – P. Karya – P. Panggang
      Ojek Pulau Pramuka

    1. Dewi, biasanya dr P Pramuka sekitar jam 11, namun lebih baik tanyakan ke petugas Dishub yg ada di pelbuhan P Pramuka (soalnya ada kemungkinan jadwalnya berubah). Saat tiba di P Pramuka langsung daftar baliknya ke Petugas dishub ya, nanti naik kapalnya ngantri, dipanggil per rombongan dan bayar di dermaga ketika mau masuk kapal

  3. Maaf om mau tanya untuk besok hari sabtu tgl 17 maret 2018 apakah sanus 66 beroprasi?
    Dan mohon info petunjuk untuk beli tiket sanus 66 bisakah dibeli di pelabuan sunda kelapa secara langsung?
    Kami sekeluarga berencana besok trip ke p pramuka
    Kami jalan dari depok dgn krl
    Terimakasih atas infonya

    1. Budakjampang, maaf ya broooo… Baru bisa jawab. Sanus 66 biasanya tetap jalan, kalaupun sedang docking, biasanya ada pemberitahuan lewat selebaran / poster di sekitar pelabuhan.
      Soal tiket, pembelian langsung di kapal.

        1. Misuar, tidak ada loket khusus untuk penjualan tiket. Pembelian tiket bisa dilayani di Pelnimart atau tempat lain. Setelah bayar, nama anda akan dicatat di lembaran khusus (manifes?).
          So, beli hari ini hanya untuk keberangkatan hari ini juga.

    1. Akbar, seperti yg telah tercantum di komentar sebelumnya, ane tidak bisa memberikan info tsb terkait dg masalah privasi bang.. Maaf.
      Btw, yg perlu kita jadikan patokan pastinya, berangkat dr Pel. Sunda Kelapa jam 8.00, atau lebih. Datang lebih awal lebih baik krn jika datang awal, peluang mendapatkan tempat tider/kursi lebih besar. Sedangkan jam keberangkatan dari P1000 (atau kontak person), bisa di tanyakan ke ABK saat kita berangkat kesana.
      Semoga membantu….

        1. Bang Samsul…jadwal berangkatnya dr jkt, hr sabtu bang… Tidak ada yg hari minggu. So, beli tiket sabtu hanya bs utk hr sabtu… Gitu bang

  4. bang badrun ane mau nanya nih , homestay pulau kelapa/harapan bisa kan cuma sama bokin saja ? ane takutnya kaga boleh sama penduduk situ bang soalnya ane mau berangkat ame bokin 24 feb ini thanks bang

      1. Oiya bang, bener ga tiket bisa didapat di indomaret? Kalo pun beli on the spot, open gate loket tiketnya jam brp ya bang? Sorry banyak nanya, hehehe makasih bang

        1. Adami, tidak ada aturan yang jelas sob.. Sanus berangkat jam 08.00, usahakan dateng lebih awal agar dapat tiketnya.
          Tanggal 17 April kemarin(mungkin krn tgl merah), Sanus 66 kebanjiran penumpang sampai2 ditolak. Mau jalan ke toilet aja susahnya minta ampun krn dilantai sudah banyak gelaran tiker.

  5. bang badrunn saya mau tanya..
    1. KM Sanus 66 berangkat dari pulau kelapa apakah benar jam 9 ?
    2. Apakah ada alternatif lain pemberangkatan yang lebih siang atau adakah rute yang melayani
    P.Kelapa-Kaliedem ?
    Rencanaya saya mau camp ke dolphin jadi saya mencari jadwal untuk pulang pada waktu yang lebih siang. terimakasih

    1. Arif..
      1. Patokan jamnya tidak mutlak bro. Tgl 24 Des 2017 yg lalu sanus 66 sampai P Pramuka sekitar jam 11.45. Artinya perikiraan berangkat dari P Kelapa 10.30 – 10.45 WIB. Mungkin ini ada kaitannya dengan mulai diberlakukannya rute baru P. Kelapa – Pel. Kali Adem yang dilayani oleh KM Arwana dan berangkatny dr P Kelapa jam 8.


      So, kemungkinan jam berangkatnya memang berubah mjd lebih siang.
      2. Alternatifnya :
      a. Kapal very kayu rute P Kelapa – Kali Adem biasanya berangkat antara jam 10 s/d 13.00. Ane belum pernah naik bro, namun perkiraan tarifnya 60 rb.
      b. Sedangkan kapal speed boat rute p Kelapa – Marina Ancol berangkat kurang lebih antara jam 15.00 – 16.00. Tarif 200 rb hr biasa dan 250 rb week end.
      Semoga membantu…

        1. Doni, sudah beroperasi bro…
          Terkait dg kondisi cuaca, barusan ane kontek ABK, sanus 66 tetap jalan seperti biasa. So, sabtu 20 Januari besuk siap meluncur… 🙂

  6. Bro, maaf mau nanya. Dia antara pulau2 itu, pulau mana yang asik banget buat mancing? Trus, ada yang nyewain jorannya gak, sih? Bisa bangun tenda buat kemah di sana, kan? Ok, trims.

    1. Ayu… ane belum denger soal penyewaan joran ya sis. Namun kalau untuk mancing amatir (mancing di dermaga / pinggiran, spt saya :D) semua pulau kayaknya asik deh.
      – Dermaga pulau Pramuka punya kelebihan karena deket dengan pemukiman. Target ikan biasanya lencam, krapu, kakap, ikan2 karang, barakuda, cendro dan baronang. (tgl 23 des 17 kemarin ane lihat komunitas “Baronang Budug” pesta strike di Dermaga Pramuka). Cumi-cumi terkadang juga ada.
      – Dermaga P Kelapa, posisi agak jauh dari pemukiman, klo pingin ngopi agak repot. Target ikan sama dengan P Pramuka. Peluang strike cumi-cumi lebih besar. Bisa juga pilih dermaga P harapan, tp ane blm pernah kesono.
      – Dermaga P. Untung Jawa… Blum pernah mancing dimari
      – Klo saya biasanya suka mancing di Dermaga P. Karya, dari P Pramuka naik ojek kira2 5 – 10 menit dg tarif Rp. 4.000,-. Pulau ini gak berpenduduk, dikenal sbg tempat yang angker krn semua penduduk P Panggang dan P Pramuka klo meninggal dimakamkan disini. Target ikan kurang lebihnya sama dg P Pramuka, Peluang narik Kakap dan kurisi lebih besar.
      Oh ya, klo di Pramuka, jika hujan gak begitu bermasalah karena dermaganya beratap.

    1. Dwi… secara teknis sih bisa, tetapi tidak menggunakan kapal yang sama ya. Misalnya berangkat ke P. Pramuka pake sanus 66, sampai sana kira2 jam 12. Pulang pake KM Predator yg tarifnya Rp 150.000 dan turun di pel Marina Ancol.
      Oh ya, kapal yang berangkat sore biasanya speedboat yang tarifnya relatif mahal. Sedangkan kapal kayu reguler yg melayani rute P 1000 ke pel Kali Adem berangkat pagi – siang (paling siang sekitar jam 13.00). Hal ini berkaitan dengan kondisi laut yang jika sore hari biasanya gelombangnya tinggi.
      Btw, sayang lho klo ke P1000 trus kagak nginep… 🙂

    1. Bowo…
      – Sejak rute Pel Sunda Kelapa – P. 1000 dilayani KM Sanus 46 tahun 2016 s/d Sanus 66 di tahun 2017, jadwalnya belum / tidak berubah.
      – 10 hari yang lalu (tgl 23 – 24 Des 17), kebetulan ane naik sanus 66, kalaupun ada perubahan jadwal, mungkin pada saat itu sudah ada pengumummannya.

      Dengan 2 fakta tsb, ane asumsikan jadwalnya tidak berubah sob.

    1. Bang Andi, terus terang, ane tidak punya referensinya bang. Tp bang Andi bisa dg mudah menemukannya sendiri. Homestay murah biasanya berada di jalan yg agak masuk kedalam pulau (tidak di pinggir pantai). Harganya berkisar 200-300 rb. Klo yg di pinggir pantai berkisar 300-450 rb per kamar. Bisa ditempati s/d 4-5 orang.
      Oh ya, saat ini pelabuhan p pramuka sedang di renovasi, semua perahu bersandar di dermaga sebelah selatan depan kantor Dishub. Klo homestay yg tepat didepan pintu keluar pelabuhan itu tarifnya Ro 350 rb, punya pak H. Go**or.
      Semoga membantu…

    1. Yusuf… Jika destinasinya ke Pulau Kelapa/Pulau Harapan mungkin bisa bro. Pernah ada teman yg bilang bisa nginep di kapal. Klo mo nge-backpacker cukup bawa tenda aja bro…. atau nge-masjid… 😀

    1. Hamdani….
      – KM Sanus 66, hanya singgah di P. Untung Jawa, P. Pramuka dan P. Kelapa/P. Harapan bro.
      – KM Bahari Express sudah tidak nampak di Pel. Sunda Kelapa. Sepertinya sudah tidak melayani rute Sunda Kelapa – Tidung lagi. Cek di komentas sebelumnya yak.
      So, kalau ke p. Pari sepertinya mesti melalui Pel. Kali Adem.
      Semoga membantu…. 🙂

        1. Zulkifli.. Dari pengalaman ane, jam keberangkatan sanus 66 dari P. Kelapa fleksibel bang. Dengan rombongan 75 orang, Bang Zul bisa nego jamnya. Ane pernah berangkat dari P. Pramuka ke Sunda Kelapa jam 14.30 WIB krn menunggu rombongan pengajian di P, Panggang yang selesai jam 12.00.

          1. itu beneran sampe p kelapa jam 13.30 bang???
            jam berangkat dari sunda kelapa ga bisa di nego lebih pagi kah??

          2. Kurang lebihnya jam segitu bang.. dg catatan berangkat dr jkt jam 8.00 dan kondisi ombak normal.
            Klo nego keberangkatan lebih pagi kayaknya tidak bisa, tp klo mundur bisa, toleransinya paling setengah jam saja.
            Silakan main ke lokasi sandar sanus 66 aja bang, untuk mendapatkan info yg lebih lengkap dari abk kapal. Abk yg bujang atau keluarganya tidak tinggal di jabotabek, biasanya nginap di kapal saat sandar di pel sunda kelapa.

    1. Mbak Rita…
      Kab. Pulau Seribu mungkin satu-satunya kabupaten di Indonesia yang tidak punya Mobil… 😀
      So, mobilnya dititiin di tempat parkir KSOP Sunda kelapa aja ya. Namun kalau motor atau sepeda bisa dibawa naik kapal. Btw, jika destinasinya Pulau Pramuka, kayaknya tidak perlu bawa motor ya… soalnya pulaunya cuma 21 HA. Jalan keliling pulau tidak nyampe 30 menit. Motor terasa perlu jika destinasinya ke P. Kelapa karena bisa buat mondar mandir antara p. Kelapa dan P. Harapan. 🙂

        1. Zulkifli… parkirnya dimari..
          ksop_sunkel
          Tidak ada tarif resminya bro, tp dijaga oleh satpam… Tarifnya dikira-kira sendiri… Pengalaman ane klo pakai parkir resmi seperti di Pel Kali Adem, untuk motor saja sekitar Rp. 36 rb. (masuk parkir jam 8 keluar jam 16 hari berikutnya)

    1. Egan, kalau pp nys naik sanus 66, tidak bisa bro… Jika ke jakaryanya menggunakan kapal lain bisa. Mis, ke p Pramuka, nyampe sekitar jam 12-an, trus balik ke Jakarta pake speedboad jur Marina,Ancol sekitar jam 15, (tiket 150 rb). Btw, sayang klo gak nginep bro… 🙂

      1. Kl PP kita kan jalan jam 8 ya sampe pulau Untung Jawa jam berapa ya? Kira2 kl sorenya balik lagi beneran gak bisa ya pake kapal ini?

        1. Ell… dari pengalaman ane beberapa kali naik KM Sanus 66, kisaran waktunya sbb :
          – Berangkat dari Pel Sunda Kelapa jam 08.00 sampai P. Untung Jawa jam 9.30, sampai P. Pramuka jam 12.00 sampai P. Kelapa kira-kira jam 13.30 WIB. Perjalanan sangat tergantung kepada kondisi cuaca/ombak, namun kisaran waktunya tidak jauh berbeda.
          – Jadwal KM Sanus 66 ini hanya satu kali trip dalam satu hari. Jadi kalau balik sore harinya tidak bisa pakai kapal ini. 🙂

          1. Ani Mulyani… tidak ada sis. Samapai saat ini, KM Sanus 66 satu-satunya kapal penumpang yg melayani rute Pel Sunda Kelapa ke P1000.

    1. Fikri :
      Pada awal tahun 2017 ada KM Express Bahari 3B yang melayani rute Pel. Sunada Kelapa – Pulau Tidung dengan jadwal tiap hari PP. Ini gambar yang ane ambil tgl 21 Januari 2017
      Saat ane berangkat pake sanus 66, kapal tsb tidak keliatan.
      Barusan saya cek di pembelian tiket resmi di https://www.pelni.co.id/reservation/ tiket jurusan Sunda Kelapa – P Tidung tidak tersedia.
      Untuk memastikannya, coba Bang Fikri telpon langsung ke KSOP Sunda Kelapa di 021-6907321.

      Semoga membantu…

      1. Update Bang, sejak bulan September KM Express Bahari 3B berangkat dari Dermaga Kaliadem menuju Pulau Tidung. Sepertinya sudah tidak dikelola oleh PELNI lagi.

    1. Bowo, maksudnya jadwal keberangkatan sanus 66? Dari pelabuhan Sunda Kelapa setiap hari Sabtu, Senin dan Rabo jam 8 pagi bro… Klo dr p 1000, setiap hari Minggu, Selasa dan Kamis.

      1. Saya mw pergi ke pulau kelapa.
        Untuk hari senin. Kapal sabuk nusantara 66 ada yg berangkat di hafi senin gak?
        Jadwal keberangkatan dari pel. Sunda kelapa bisa di perjelas untuk harinya.
        Terima kasih atas infonya.

        1. Lufti, ada bro. jadwal keberangkatan dari Pel Sunda kelapa tiap hari Sabtu, Senin dan Rabo. Sedang dari P. Kelapa setiap Hari Minggu, Selasa dan Kamis.
          Btw, trimakasih masukannya… postingan tentang jadwal, sudah saya perjelas.

          1. Numpang nanya donk…
            Kapasitas KM Sabuk Nusantara 114 org
            Kalau kami bawah peserta kepulau pramuka dengan total peserta 150 org bisa gk ya..? Thanks

          2. Amin tidung…. 114 itu klo dihitung kursi dan tempat tidur yang tersedia bro. Faktanya banyak penumpang yang justru memilih berada di luar ruangan. Jika keberangkatan hari Sabtu, sanus 66 bisa membawa penumpang lebih dari 114 orang.
            Menurut pendapat ane, jika keberangkatan hari sabtu, kemungkinannya bisanya kecil, karena dg penumpang reguler saja sudah penuh. Alternatifnya pilih hari senin atau rabo. Btw, ada baiknya sobat konfirmasikan ke KSOP Sunda kelapa dulu ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *