Pembagian zona wilayah PPDB jalur lokal SMA DKI Jakarta th 2017/2018

K-Blog. Pembagian zona wilayah dalam rangka PPDB SMA DKi Jakata Tahun ajaran 2017/2018 tahap kedua – Jalur Lokal ini, berpatokan pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Prov DKI Jakarta No. 494 tahun 2017 (bisa di-download disini) yang diperbaiki/diubah/direvisi  dengan Keputusan Kepdis Pendidikan Prov DKI Jakarta No. 631 tahun 2017. (bisa di-download disini). Dengan format SK seperti ini :

NO NAMA SEKOLAH ALAMAT SEKOLAH CAKUPAN ZONA SEKOLAH
1 2 3 4 5 6
1 SMA Negeri 2 Jl. Gajah Mada 175 Tamansari Tambora Grogol Ptbr Sawah Bsr Penjaringan
2 SMA Negeri 3 JL. Setiabudi II Setiabudi Tebet Tanah Abang

 

dan type file non searchable PDF, tentunya diperlukan waktu dan effort yang lebih banyak untuk memilah dan memilih data hingga kita sebagai masyarakat yang berkepentingan untuk mendaftar sekolah bisa mendapatkan gambaran yang lebih nyata.

Dari data ini ada hal-hal menarik diantaranya :

  • Warga Kecamatan Jatinegara dan Pasar Rebo, Jaktim  mempunyai kesempatan mendaftar paling banyak dengan jumlah 16 buah SMA.
  • Warga Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat mempunyai peluang mendaftar paling sedikit dengan hanya di 3 buah SMA.

Hmmm… Terasa seperti ada sebuah anomali, namun tentunya Pemerintah sudah memperhitungkan dengan memperhatikan segala macam aspek.




Okeh, penyajian zona wilayah PPDB SMA Jakarta 2017/2018 ini saya bagi menjadi dua kolom  yakni kolom kecamatan dan kolom SMA Negeri. Pada Kolom SMA Negeri,  nomor yang tercetak tebal adalah SMA yang lokasinya berada di kecamatan yang bersangkutan.

Zona Wilayah Jakarta Barat

KECAMATAN SMA NEGERI
Cengkareng 33, 96, 56, 84, 94, 95, 101
Grogol Petamburan 23, 2, 7, 16, 17, 19, 24, 25, 35, 78, 111
Kalideres 56, 84, 94, 95, 33, 96
Kebon Jeruk 57, 65, 16, 24, 63, 78, 85, 112
Kembangan 85, 101, 112, 16, 33, 57, 65, 78
Palmerah 16, 78, 7, 23, 24, 57, 65, 85, 101, 112
Taman Sari 2, 17, 19
Tambora 19, 2, 10, 17, 20, 23, 111

Zona Wilayah Jakarta Utara

KECAMATAN SMA NEGERI
Cilincing 52, 73, 83, 92, 114, 115, 13, 75, 76, 89, 102
Kelapa Gading 45, 72, 75, 13, 21, 36, 73, 80, 83, 92, 110, 114
Koja 13, 110, 18, 52, 72, 73, 75, 80, 114
Pademangan 40, 15, 17, 18, 41, 111
Penjaringan 41, 111, 2, 19, 40
Tanjung Priok 15, 18, 80, 5, 13, 40, 41, 52, 72, 110, 114

Zona Wilayah Jakarta Timur

KECAMATAN SMA NEGERI
Cakung 11, 76, 89, 102, 107, 44, 45, 83, 103, 115
Cipayung 64, 113, 9, 42, 48, 58, 67, 88, 93, 98, 99, 105, 106
Ciracas 58, 99, 105, 39, 64, 88, 98, 104, 106, 113
Duren Sawit 12, 44, 59, 61, 71, 91, 103, 11, 50, 53, 81, 89, 100, 107
Jatinegara 50, 53, 54, 100, 8, 12, 14, 22, 30, 37, 44, 59, 61, 71, 91, 103
Kramat Jati 14, 51, 62, 93, 9, 39, 42, 48, 64, 67, 104, 113
Makasar 9, 42, 48, 67, 81, 14, 61, 62, 64, 93, 100, 113
Matraman 22, 31, 12, 21, 27, 36, 43, 54, 68
Pasar Rebo 39, 88, 98, 104, 106, 9, 14, 42, 48, 51, 58, 62, 64, 67, 99, 105
Pulo Gadung 21, 36, 11, 12, 22, 27, 30, 31, 45, 72, 77, 107

Zona Wilayah Jakarta Selatan

KECAMATAN SMA NEGERI
Cilandak 34, 66, 6, 46, 47, 49, 70, 82, 86, 87, 97
Jagakarsa 38, 49, 97, 109, 28, 34, 60, 66
Kebayoran Baru 6, 46, 70, 82, 24, 29, 34, 66, 74
Kebayoran Lama 29, 32, 47, 74, 6, 46, 63, 70, 86, 87, 90, 108
Mampang Prapatan 60, 6, 28, 38, 49, 55, 70, 82, 109
Pancoran 55, 8, 26, 28, 37, 38, 60, 79, 109
Pasar Minggu 28, 34, 38, 49, 55, 60, 66, 97, 104, 109
Pesanggrahan 63, 86, 87, 90, 108, 29, 32, 47, 74, 101
Setiabudi 3, 43, 79, 7, 8, 26, 37
Tebet 8, 26, 37, 3, 43, 55, 79

Zona Wilayah Jakarta Pusat

KECAMATAN SMA NEGERI
Cempaka Putih 30, 77, 5, 21, 27, 68, 72
Gambir 4, 25, 1, 7, 10, 20, 35
Johar Baru 27, 5, 30, 68, 77
Kemayoran 5, 1, 4, 10, 15, 20, 27, 30, 40, 41, 68, 72, 77, 80
Menteng 1, 4, 7, 25, 35
Sawah Besar 1, 10, 20, 2, 4, 17, 25
Senen 68, 1, 4, 5, 10, 20, 27, 30, 77
Tanah Abang 7, 24, 35, 3, 20, 25

Catatan :

  • Sangatlah mungkin postingan ini salah dalam menterjemahkan SK tersebut diatas. Jika anda menemukan kekeliruan, silakan berikan koreksinya.
  • Jika paparan di postingan ini berbeda dengan paparan di situs jakarta.siap-ppdb.com, baik yang dikarenakan oleh kesalahan postingan maupun adanya revisi terbaru yg belum terakomodir di sini, maka yang dijadikan acuan adalah zona di situs resmi jakarta.siap-ppdb.com.

Link terkait :

Semoga membantu.

82 thoughts on “Pembagian zona wilayah PPDB jalur lokal SMA DKI Jakarta th 2017/2018

  1. Mas Badrun, mau nanya nih. Anak saya masih tahun depan masuk SMA. cuma saya penasaran cara daftarnya. Kalo tidak keberatan mohon dijelaskan ya.
    Case:
    – Saya ber-KTP/KK Kec. Cakung Jakarta Timur
    – Anak saya sekolah SMP-nya di Depok – Jawa Barat.
    Pertanyaannya:
    Untuk bisa masuk di SMA Negeri di zona Cakung, apakah bisa melalui Tahap 1 & 2, atau dianggap umum/non DKI ? (asumsi proses penerimaannya sama dengan tahun ini)
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Mbak Dian, karena sekolahnya tidak berasal dr DKI, maka harus melewati pra pendaftaran terlebih dahulu. Namun ananda bisa mengikuti semua tahapan PPDB karena berdasarkan KK, berdomisili di DKI.
      Aturan ini untuk tahun ini ya sis, untuk tahn depan, mungkin saja berubah.

      1. Mas Badrun, maksudnya pra pendaftaran itu apa ya..?
        Apa ada form khusus atau test khusus..?
        Terus, pelaksanaan pra pendaftaran tersebut dilakukan dimana ya..?
        thanks ya Mas.

  2. Ass..mas, mohon solusinya nihh..Anak sya NEM 49.25 masuk wilayah Kec grogol petamburan, Di tahap jalur Umum dan Lokal tidak lolos di sekolah plihan, pertanyaanya :
    – Apakah ada peluang nanti ikut di jalur / Thap 3 ??
    – Berapa quota tiap SMAN biasanya untuk jalur 3 ?
    – dan bisakah Zona grogol petamburan mendaftar di Zona kec lain??

    Trima kasih ats sgala jawabannya..!!!

    1. Pak ariansyah… Tahap ketiga adalah jalur umum. Tidak ada lagi sistem zona shg ananda bisa mendaftar di SMA mana saja.
      Kuota di tahap ketiga yang paling sedikit pak, karena hanya mengisi sisa yg tidak terpenuhi di tahap 1 dan 2. Tgl 5 juli jam 00.00 bapak bisa cek kuota masing2 sma dengan mwng-klik tombol “pagu” di situs jakarta.siap-ppdb.com

  3. Utk sman 48 67 42 9 knp hrs msuk k kec kramat jati dn cipayung. Smentara siswa kec makasar sndiri msh byk yg gk dpt skolh… Ap gunanya donk jalur lokal klo siswa lokal sndiri gk pd bisa msuk sma d dket rmhny. Walaupun pakai nilai uan kn mstinya pembagian wil adil donk

  4. Mas maaf.. Sma 9 48 42 67…knp msk k jalur kec kramat jati dn cipayung juga.
    Smentara lokal bknnya utk khusus wilayah per kec. Dn pd akhirnya utk siswa d kec makasar sndiri byk yg tdk bisa masuk sma negri. Tolg donk pembagian wil yg jelas. Itu merugikan siswa artinya

    1. Rina, pengaturan zona ini wewenang Pemerintah neeeng….. Satu SMA, bisa dimasukin bukan hanya dari kecamatan dimana SMA tersebut berada, tapi bisa dimasukin dari beberapa kecamatan. (lihat contoh SK di gambar bagian atas). Kenapa begitu? Salah satu sebabnya karena sebaran SMA di tiap kecamatan tidak merata, begitu juga dengan sebaran calon siswanya. Jika sebuah SMA hanya bisa dimasukin calon siswa di kecamatan itu, bagaimana dengan lulusan SMP dari kecamatan Menteng yang tidak punya SMA satu pun?

      Oh ya, menurut pendapat ane tidak ada yang diuntungkan atau dirugikan terkait dengan pembagian zona ini. Yang jelas, yang untung adalah yang mau belajar.

  5. mas apakah adik saya yg nem 21an bisa SMA negeri,soalnya di tahap 1 dan 2 gak diterima,ade saya daerah jakarta barat apakah masih bisa tahap ke-3 kah? maksud dari tahap 3 apa?

    1. Edwin, tahap kedua belum berakhir bro… masih ada kesempatan untuk mengubah pilihan si adik. Klo boleh tahu, jakarta barat kecamatan apa? trus pilihan yang tidak diterima di SMA berapa? trus nilai 21an itu tepatnya berapa? Jika datanya detil, mungkin saya bisa bantu cari info sekolah yg masih mungkin dimasukin si adik di tahap 2 ini…
      Btw, jika tahap kedua juga tidak diterima, masih bisa daftar di tahap 3 bro….

      1. 21.65 bro.Kecamatan Kebon Jeruk,apakah tahap 3 itu seperti tahap lainnya? Saya sudah mengikuti tahap 2 tetapi adik saya tidak ada yg terdaftar di sekolah zona tsb.Apakah mungkin kalau tahap 3 ada bangku kosong lebih byk?seperti thp 1

        1. Edwin, saya sudah cek hasil sementara di semua SMA zona kec Kebonjeruk, memang tidak ada yang masuk bro. Sekedar info, saat tulisan ini dibuat, SMA 115 mempunyai nem terendah dg 22,15-IPA dan 22.35-IPS.
          – Untuk tahap ketiga, biasanya kuotanya paling sedikit bro… bahkan ada beberapa sekolah yang kuotanya sudah terpenuhi di tahap 1 dan 2 saja.

          1. Kuota tahap 3, tidak pasti bro, soalnya tergantung bangku kosong akibat ada yg mengundurkan diri. Silakan cek dengan menekan rombol “pagu” pada tgl 5 juli jam 00.00

  6. Min, di tahap 2 lokal apakah saya bisa mendaftar ke SMA yg sama kyk di tahap 1 kah? Trus saya kan kec kramat jati, bisa gk daftar lokal ke sma 39?

    1. Meddley : bisa, asalkan sekolah tersebut berada di zona domisili mas bro. Untuk sekolah yang bisa dipilih oleh calon dr kec kramatjati : 14, 51, 62, 93, 9, 39, 42, 48, 64, 67, 104, 113.

  7. maaf sebelumnya saya mau tanya sya domisili dki kec cakung, kel ujung menteng kira2 kalau tahap 2 lokal daftar di sma 115 dan sma 83 bisa gak ya, mohon jawaban dan saran bantuannya. Terima kasih sebelumnya

    1. Isye, calon siswa berdomisili kec Cakung bisa ngedaftar di SMA 83 dan 115 sis…
      Oh ya, jika aksesnya pake HP, dan daftar SMA yang bisa dipilih tidak bisa dilihat seluruhnya, silakan aktifkan fungsi rotate, dan lihat dalam posisi landscape.

  8. maaf saya mau tanya mas, kalo misalnya saya daftar SMA jalur lokal trus gk diterima… apakah bisa daftar SMK tahap 2 lagi langsung??

    1. Eric… Jika tiga pilihan di tahap 2 (lokal) tidak diterima :
      1. Mas bro masih bisa mengganti pilihan SMA-nya selama waktunya masih tersedia (sebelum tgl 22 Juni 2016 jam 14.00 WIB).
      2. Jika pindah ke SMK jalur lokal, ketentuan tentang penerimaan siswa SMK, untuk tahap 2 yg berhak mendaftar adalah :
      “3.b.4) Calon peserta didik baru SMA yang tidak diterima pada PPDB tahap pertama jalur umum dapat mengikuti PPDB SMK tahap kedua sesuai persyaratan.”
      Dalam kasus Eric, kan tidak diterima di tahap pertama jalur SMA. Jadi logikanya masuk kriteria. Logika ane, tidak bisa langsung memakai akun pendaftaran SMA untuk login di SMK (CMIIW) So, coba langsung ke SMK terdekat dengan membawa semua berkas yang mungkin dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran awal. Semoga berhasil bro…

  9. Mas, kl tidak terima di jalur umum, perlu daftar ulang ga untuk ikut jalur lokal? (Maksudnya untuk dpt pin/token baru, ato bisa pakai pin yg lama?).
    Makasih..

    1. Mbak Marlinang, klo dikonversikan ke nilai rata-rata 221 = 55,25.
      Hasil Tahap pertama jalur umum SMA 36, nil minimal :
      IPA = 50.25
      IPS = 57.25
      Hasil tahun lalu, tahap pertama :
      IPA = 74.75
      IPS = 72.63
      Dari data tsb di atas, bisa disimpulkan bahwa rata-rata hasul UN SMP thn ini lebih rendah dari tahun kemarin. Di sisi lain, nem minimal di jalur lokal, biasanya lebih rendah dari nem di jalaur pertama. Jadi dengan nilai 221, peluang masuk di SMA 36 cukup besar mbak…

  10. Mas anak saya nemnya 22.20 kmren ikut tahap 1 smk tp ga lolos…utk tahap 2nya sya ikut lg dg pilihan smk yg sama apa harus ganti pilihan…..trs klo saya ganti pilihan ke sma bsa ngga mas…mksh

    1. Mbak Nunung :
      1. untuk tahap kedua, bisa milih di SMK yang sama dengan jurusan yang sama, atau SMK yang lain dengan jurusan lain pula. Bebas milik mbak. Btw, jika lihat PPDB tahap pertama kemarin, nilai 22.20 punya peluang masuk di banyak SMK dan jurusan.. Untuk jurusan tertentu kayaknya punya passing grade yg tinggi, seperti TKJ atau multimedia. Klo boleh tahu, 3 pilihan di tahap pertama yang gagal itu apa saja mbak?
      2. Jika melihat aturan Keputusan Kepdisdik DKI Jakarta No. 498 tahun 2017 (Lampiran IX) yg berhak ngedaftar SMA di Tahap 2 – Jalur lokal adalah :
      1. yang tidak diterima pada tahap pertama jalur lokal; dan
      2. belum pernah mendaftar ke dalam sistem PPDB

      Disis lain, di Lampiran X, ketentuan tentang penerimaan siswa SMK, untuk tahap 2 :
      3.b.4) Calon peserta didik baru SMA yang tidak diterima pada PPDB tahap pertama jalur umum dapat mengikuti PPDB SMK tahap kedua sesuai persyaratan.

      SO, kalo tahap pertama daftar SMA, di tahap kedua bisa daftar di SMA atau SMK, namun jika di tahap pertama daftar SMK, tidak ada aturan khusus yang secara jelas mengaturnya. Kalimat “belum pernah mendaftar ke dalam sistem PPDB”, bisa berarti luas.

      Jadi, untuk memastikannya, mbak nunung bisa langsung ke panitian PPDB di sekolah ya mbak. Namun, bukannya kalau milih SMA peluangnya jadi semakin kecil mbak?

    2. nem anak saya 25,5 saya pakai jalur umum, ternyata tidak diterima
      tapi nem anak temen saya 24,00 bisa masuk pakai jalur lokal
      dan akirnya saya sdh daftarkan ke pilihan sekolah yg kedua dan sudah didaftarkan
      pertanyaan saya
      apa bisa saya pakai jalur lokal lagi untuk pendaftaran ke smp yg sebelumya
      walaupun saya sudah daftarka ke sekolah lain?

      1. Mbak Uta,
        – saat ini jalur lokal sedang berlangsung dan hasilnya secara resmi baru diumumkan tgl 22 Juni lusa. So, anak teman mbak yang nilainya 24.00 masih belum pasti diterima di jalur lokal.
        – Jika sebelumnya sudah diterima di tahap pertama dan sudah lapor diri, maka tidak bisa daftar lagi di tahap 2 dan tahap 3 mbak…

  11. maaf mas mau tanya ,.kalau untuk SMK apa ada tahap 2 nya ,.dan apakah sama dia mengikuti sistem per kecamatan,. mohon info nya

    1. Ical… Untuk SMK, ada tahap keduanya, tp disebut juga jalur Umum dan tidak berlaku sistem zona. Pembagian per zona ini hanya berlaku untuk SMA dan SMP.

  12. Mas badrun maksud arti bersangkutan apa ya.. apa lebih di terima dari yg lain?, misalnya mas, nem saya cmn 26 trus saya mau masuk sma 27 lokasinya di johar baru kk saya di johar baru pokoknya dekat lah.. jadi, ad seseorang nemnya lebih besar cmn zona nya bukan di johar baru, jdi sekolah milih saya apa dia yg nemnya agak besar ,, bw saya lokal

    1. Azrul… Cetak tebal di kolom SMA negeri, hanyalah informasi tambahan bahwa sekolah tersebut berada di kecamatan tsb (yg bersangkutan). Tidak ada prioritas tambahan terkait itu. Dasar pemilihan yang utama tetap nilainya.

  13. Bang ane kec cakung, ane mau masuk smk nih,smk yg nemnya kecil di kec cakung smk mana bang?? minta pendapat mas,respon tolong

  14. maaf mas,saya sudah daftar di tahap 1 tapi tidak ada yg di terima,nem saya 225,5 , saya di kec cakung, kira-kira bisa masuk SMA mana mas??

  15. Mau nanya, temen saya kec. Cilandak. Saya suruh jalur lokal masuk 70 dia bilang gabisa. Katanya yang ditebelin doang yang bisa. Apa bener tuh? Tolong Penjelasannya

    1. Patar, yang ditebelin adalah sma yg lokasinya di kecamatan yg bersangkutan, semua sma yg ada di baris itu bisa dimasukin. So, omisili cilandak boleh daftar di sma 70.

  16. tanya pak, saya domisili jakarta pusat, jalur umum sdh masuk d salah satu sma di jakarta pusat (pilihan ke 3). tp kalau saya mau ikut jalur lokal kecamatan senen, masih bisa kah? yang di sma 27 tidak lapor atau bgm ya?

    1. Toro, info dari beberapa teman, trik tsb bisa dilakukan. Tp klo melihat aturan yg berhak mendaftar di jalur lokal adalah yg tidak diterima di tahap umum. Posisi mas bro sebenarnya kan diterima tp tdk daftar ulang. Nah, itu asuk kriteria aapa gak?
      So,, coba tanyakan pada petugas ppdb sekolah pada hari senin lusa ya…

  17. bro,saya punya adik nih,adik saya pengen lanjut ke SMA,tapi dia masuk lokal karena nemnya 21.60,kecamatan kebon jeruk apakah bisa masuk SMA 57 dan 65 kalau Nemnya segitu?

    1. Faisal.. hasil tahap 1 hari ini, nilai minimal sma 57 ipa 29,4 ips 27,2; sma 65 ipa 35,25 ips 33,3. Sma 57 punya peluang lbh besar. Buat memperkirakan peluang, coba bandingkan dengan passing grade sma th 2016 bro.
      Btw, tidak tertarik dg SMK kah? Peluangnya lebih besar lho.. 🙂

  18. Mas Badrun,
    Kalau dari Jatinegara, boleh daftar di SMA 14 ya? Kok di SK revisi SMA 14 tidak tercantum, kenapa ya?
    Terima kasih
    Eko

        1. Iya sis….. Sangat mungkin disaat2 akhir pembagian zona ini berubah lagi, seperti kasus jadwal prapendaftaran yg diperpanjang s/d 17 juni 2017. Apapun itu, yg jd acuan nantinya tetap situs resmi jakarta.siap-ppdb.com

  19. apakah ini benar?? karena tadi pagi saya sempat datang ke SMAN 12 dan bertanya kepada dua orang guru disana mengenai zona jalur lokal SMAN 12.. katanya kec. pulogadung tidak masuk kedalam zona lokal SMAN 12.. mohon infonya.. trims

    1. Engrasia : SMAN 12
      SK lama = Duren Sawit,Jatinegara, Matraman
      SK Revisi = Duren Sawit, Jatinegara, Matraman, Pulogadung
      Silakan downloan SK revisinya sis

    1. Martin, SMAN 78 di Sk awalnya Palmerah dan Kebonjeruk, SK revisi u/ kec Palmerah, Kebon Jeruk, Grogol Petamburan dan Kembangan. silakan dowload sk revisinya bro…

      1. badrun, ini saya dapet dari situs PPDB asli
        Ini sama aja memberi harapan yang kita tidak bisa capai
        Jalur umum IYA, jalur lokal BEDA LAGI

        1. Klo jalur umum, dari mana saja bisa ngedaftar bosss…. Zona ini berlaku hanya di tahap 2, jalur lokal. Ane nggak PHP-in sapa aja… Hanya baca sk yg berkaitan dg pembagian zona. Jika paparan ini salah, sangat mungkin karena keterbatasan ane. Tp klo kembali pada pertanyaan awal, SMA 78 memang bisa dipilih oleh calon dari kec Kembangan. Soal bisa masuk tidaknya, tergantung NEMnya memenuhi syarat apa gak…

          1. Mkasih yyaa.. sorry ,terlalu panik saya karena dikira peluangnya kecil.
            sekali lagi maaf dan makasih GBU..

  20. mau nanya ka, aku kan tinggalnya di jagakarsa tapi KK aku kecamatannnya kebayoran lama, jadi aku bisa daftar SMA jalur lokal yang ada di kecamatan jagakarsa ga?

    1. Halwa, ini petikan dari Lampiran IX, Keputusan KEPDIN Pendidikan DKI No 498 th 2017
      “b. Pelaksanaan PPDB tahap kedua jalur lokal diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di Prov DKI Jakarta ditunjukkan dengan kartu keluarga yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan ….”
      Menurut pemahaman ane, dasar penentuan wilayah jalur lokal adalah wilayah yang sesuai dengan KK yaitu di Kecamatan Kebayoran Lama…

    1. Deseyana, gunakan tombol CTRL+f untuk mencari SMA. So, SMA 82 bisa menerima siswa dari kecamatan Cilandak, Kebayoran Baru dan mampang prapatan.

  21. Maaf, tapi saat saya periksa data download-an kok beda ya ama yg di website. Juga ada beberapa SMA yg berbeda angkanya, seperti SMA 78 yg diganti angkanya dengan 77

    1. Onozuka Mikado, terima kasih atas koreksinya. Terdapat kesalahan teknis terkait dengan ketidakadaannya SMKN 69. Data sudah saya revisi ulang dengan penyajian SMAN yang berada di wilayah kecamatan yg bersangkutan, kami sajikan terlebih dahulu.

  22. Saya sudah aktivasi ke sma negeri lewat jalur umum tapi karna 33nya ngga ada yang masuk jadi saya mau daftar ke smk negeri apakah bisa ?karna masih jalur umum ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *