Jadwal dan Tarif KMP Kundur dari Jakarta ke Pulau Seribu

Last updated on July 25th, 2017 at 05:45 pm

Sebagai jawaban atas komitmen Pemerintah untuk memperbaiki layanan transportasi laut dari Jakarta ke Pulau Seribu paska kecelakaan KM Zahro, tanggal 14 Januari 2017 kemarin PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)  telah meluncurkan KMP Kundur yang melayani rute Pelabuhan Sunda Kelapa – Pulau Untung Jawa – Pulau Pramuka – Pulau Kelapa/Harapan. Untuk memastikan jadwal dan lokasi keberangkatan, hari Kamis tanggal 19 Januari 2017 ane telpon terlebih dahulu ke KSOP Sunda Kelapa dan mendapatkan info bahwa KMP Kundur berangkat jam 9.00 dari Pelabuhan Sunda Kelapa, posisi sandarnya satu lokasi dengan KM Sabuk Nusantara 46.  Penasaran , Sabtu 21 Januari 2017, ane berangkat ke Pelabuhan Sunda Kelapa, namun ketika ane sampai di lokasi, ternyata mulai tanggal 20 Januari 2017, Keberangkatan KMP Kundur bukan dari Pelabuhan Sunda Kelapa, namun dipindah ke Pelabuhan Kali Adem – Muara Angke.  Langsung aja ane telpon ke bagian reservasi tiket KM Kundur di 08176454537 (Bp. Forson), dan mereka bersedia menunggu sampai kami – orang-orang yang tersesat di Sunda kelapa – sampai di Pelabuhan Kali adem…  🙁

Tsabit Albani siap-siap naik KMP Kundur

Spesifikasi KMP Kundur

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, yuk kita telusuri lebih jauh tentang KMP Kundur ini. Berdasarkan situs  www.fleetmon.com, spesifikasi KMP Kundur adalah sebagai berikut :

KMP Kundur masuk kategori kapal ro-ro yang menurut wikipedia adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on – roll off atau disingkat Ro-Ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

KMP Kundur sebelumnya melayani rute Tanjunguban, Bintan menuju Pelabuhan Telaga Punggur, Batam. Namun mulai tgl 14 Januari 2017 di alihkan untuk melayani rute Jakarta – Pulau Seribu.

Jadwal Keberangkatan KMP Kundur

Berdasarkan Info dari Bp. Forson, jadwal keberangkatan KMP Kundur dari Pelabuahan Kali Adem, Muara Angke adalah setiap Hari Sabtu, Selasa, dan Kamis jam 7.00 WIB. Sedangkan dari Pulau Harapan/Pulau Kelapa, jadwalnya setiap hari Minggu, Rabu dan Jum’at jam 7.00 WIB. Sekedar catatan saja, dari pengalaman ane kemarin dan pengalaman naik KMP Sabuk Nusantara 46, jam keberangkatan bisa ‘disesuaikan‘ menjadi jam 8.00 atau bahkan jam 9.00 seperti tgl 21 Januari 2017 kemarin. (Perhatikan juga gambar tiket di bagian bawah, bandingkan jam keberangkatan dan jam cetak tiket).

Tarif KMP Kundur 

Berdasarkan press release dari situs resmi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tanggal 14 Januari 2017, tarif resmi KMP Kundur adalah sebagai berikut :
a. Dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke :

Pulau  Untung Jawa Pulau Pramuka Pulau Kelapa  – Pulau Harapan
Dewasa Anak-anak Dewasa Anak-anak Dewasa Anak-anak
38,000 25,000 44,000 28,000 46,000 33,000

b. Dari Pulau Untung Jawa ke :

Pulau Pramuka Pulau Kelapa  – Pulau Harapan
Dewasa Anak-anak Dewasa Anak-anak
40,000 26,000 42,000 27,000

c. Dari Pulau Pramuka ke :

Pulau Kelapa  / Pulau Harapan
Dewasa Anak-anak
36,000 24,000


Sistem penjualan tiket sudah menggunakan sistem komputer. Contoh tiket disamping ini adalah untuk rute Pelabuhan Kali Adem, Muara angke ke Pulau Pramuka. Rinciannya sebagai berikut :

  • Jasa Angkutan : Rp. 40.000,-
  • Asuransi           : Rp.   2.000,-
  • Total                  : Rp. 42.000,-

Mengapa di daftar tarif yang di atas tertera Rp. 44.000,- sedangkan di contoh tiket tersebut cuma Rp. 42.000,-? Menurut penafsiran ane, selisih Rp. 2.000,- tersebut adalah biaya peron. CMIIW.




Photo Gallery

Sebagai gambaran tentang kondisi KMP Kundur, berikut ini ane lampirkan photo yang berkaitan dengan kondisi ruangan yang ada di Kapal.

a. Interior
Di dalam Ruangan Utama untuk penumpang KMP Kundur, berisi kursi dengan bantalan yang empuk. Beberapa kursi bisa diatur tingkat kemiringannya. Ruangannya bersih dan ber-AC.

kmp_kundur_interior2
Interior bagian depan ruang penumpang KMP Kundur
kmp_kundur_interior1
Interior ruang bagian belakang KMP Kundur

Tampak di belakang adalah restorasi dan di sebelah kanan dan kiri restorasi adalah ruang toilet.  Toilet wanita di sebelah kiri dan toilet pria di sebelah kanan.

b. Toilet

kmp_kundur_toilet1
toilet pria KMP Kundur
kmp_kundur_toilet2
WC toilet pria KMP Kundur

Beginilah kondisi toilet pria KMP Kundur. Bersih dan airnya pun lancar. Maaf, untuk toilet wanita ane gak punya gambarnya.. 😛

c. Mushola

kmp_kundur_mushola
Mushola KMP Kundur

Lokasi Mushola KMP Kundur ada di belakang restorasi di bagian luar. Jika dilihat dari gambar paling atas, adanya di gambar bertanda no. 1. Gunakan aplikasi kompas di android sobat, jika ingin mengetahui arah kiblat ketika akan sholat.

d. Ruang Geladak atas

kmp_kundur_ruang_atas
Geladak Atas KMP Kundur

Ini penampakan Geladak bagian atas dari KMP Kundur. Di sini biasanya ahli hisap berkumpul. Jika dilihat dari gambar paling atas, adanya di gambar bertanda no. 2.

e. Geladak Dasar

KMP_Kundur_geladak_dasar
Geladak Dasar KMP Kundur

Ini penampakan geladak dasar KMP Kundur. Pada masa sebelumnya ketika masih melayani rute di sekitar Batam, ruangan ini mungkin penuh dengan mobil / kendaraan roda empat, namun di Kabupaten Kepulauan Seribu mobil itu barang langka. 😀

f : Others

view_pelabuhan_kali_adem
View Pelabuahan Kali Adem, Muara Angke

Naah… ini penampakan pelabuhan Kali Adem – Muara Angke Jakarta jika diambil dari atas KMP Kundur

Catatan :

  • Tarif yang berlaku untuk KMP Kundur dengan kapal motor kayu relatif sama. Contohnya, tiket KM Dolphin dari Pulau Pramuka ke Pelabuhan Kali Adem Rp. 45.000,-. Fasilitas, kenyamanan dan keamanan tentunya milik KMP Kundur.  Bagi anda yang hendak berwisata atau bepergian ke Pulau Seribu, silakan pilih yang mana?
  • Ketika berangkat naik KMP Kundur, ane bertemu sobat baru sesama orang-orang tersesat di Sunda kelapa, Tsabit Albani namanya. Cowok lajang yang suka berpetualang ini turun di Pulau Harapan dan keesokan harinya kembali ke Kali Adem menggunakan KMP Kundur juga. Sedangkan ane turun di Pulau Pramuka – lanjut ke Pulau Karya untuk menyalurkan hobby mancing ane. Hari minggu 22 Januari 2017, ane putusin untuk balik ke Kali Adem agak siang, naik KM Dolphin Express jam 12.30 WIB.  Saat masuk Pelabuhan Kali Adem, ternyata KM Kundur juga baru tiba. Berhubung proses parkirnya cepat KM Dolphin, makanya ane bisa ngopi dulu sambil menunggu Tsabit Albani turun dari KMP Kundur. Berdasarkan info darinya, KMP Kundur berangkat dari pulau Harapan jam 9.10 WIB, kira-kira sampai dan berangkat dari Pulau Pramuka jam 11.00 WIB. So, Jika dilihat dari kecepatannya, ternyata kapal kayu relatif lebih cepat ya? Atau, itu cuma kebetulan? wallahualam.
  • Biaya parkir motor di Pelabuhan Kali Adem sekitar Rp. 36.000,-  dari jam 8.00 s/d jam15.00 hari berikutnya, 31 jam? Ngitungnya bijimana? gak ngerti ah… 😛
  • Photo diambil dengan kamera ponsel xiaomi redmi 3 pro.

Okeh, itulah sekelumit pengalaman ane saat naik KMP Kundur. Jadwal dan tarif serta lokasi keberangkatan sangat mungkin akan berubah dengan memperhatikan segala aspek sebagaimana yang telah disampaikan pada press release PT ASDP yang link-nya ane cantumin di atas. Tsabit Albani, yuuk nge-trip lagiiii…. 😀

Catatan :

Tgl 26 Maret 2017, ane ke P. Pramuka via Pelabuhan Kaliadem dengan KMP Dolphin. Pilih KMP Dolphin karena rutenya langsung (Tidak mampir di P. Pari) dan sampai di P. Pramuka  biasanya lebih awal (kira-kira jam 10.30 WIB sudah sampai). Ketika masuk ke lokasi sandar kapal, ane gak lihat KMP Kondur. Berdasarakan info Pak Ubay (petugas di Pel P. Pramuka) KMP Kondur kembali lagi ke melayani rute di Sumatra. So, jika teman-teman ingin menggunakan jasa kapal ini, silakan cek dengan menghubungi Bp. Forson di nomor yg ane sebut di bagian atas postingan ini.

Pada prinsipnya kapal ini dioperasikan di rute Jakarta – Pulau seribu dikarenakan KM Sabuk Nusantara 46 yang sebelumnya melayani jalur ini sedang melakukan docking. Pada perkembangan selanjutnya jalur ini dilayani oleh Kapal baru, KM Sabuk Nusantara 66. Ane sempat nyobail tanggal 8 Juli 2017 kemarin. Cek dimari bro.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *