Mengatasi adware Wonderlandads pengguna Indihome dengan Chrome extensions

K-Blog. Semula saya kecewa pada situs det**.com, yang selalu memunculkan tab baru berupa iklan yang diawali dengan “wonderlandads dot com“, setiap kali saya mengklik apapun di halaman website yang sedang dibuka. Belakangan saya baru sadar, ternyata trend tersebut berlaku juga pada blog saya ini.

Kejadian ini hanya berlaku ketika saya mengakses internet dari kantor dengan ISP Telkom Indihome, namun tidak berlaku ketika akses dengan ISP lain.  Dari pencarian yang sudah saya lakukan dengan kata kunci “how to fix wonderlandads” atau “cara mengatasi adware wonderlandads” , mengerucut pada kesimpulan bahwa sumber dari persoalan ini adalah koneksi Indihome (senada dengan salah satu thread di kaskus).

Langkah-langkah yang sudah saya lakukan antara lain dengan menginstall dan menjalankan berbagai macam antimalware seperti  Malwarebytes AdwCleaner, GridinSoft Anti-Malware, HotmanPro sampai MalwareBytes Anti-Malware sampai dengan mereset Modem Indihome dengan Factory Reset. Hasilnya ternyata  wonderlandads tetep nongol.

Bermula dari pemikiran bahwa semua browser pasti mempunyai fitur tambahan yang disematkan dalam bentuk extensions atau add-ons, saya mencoba berbagai macam extensions di Google Chrome. Hasilnya, “Fair AdBlocker (by STANDS)” ternyata memenuhi harapan saya.

Bagi rekan yang belum familiar dengan ektension di Chrome, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan :

  1. Buka Toko Web Chrome di disini.
  2. Ketikkan “Fair AdBlocker (by STANDS)”
  3. Kemudian pasang extension dengan meng-klik tombol + TAMBAH KE CHROME
  4. Lakukan setting extensions sesuai dengan kebutuhan, untuk memudahkan, biarkan setingan tetap seperti default-nya. Simpan dan pasang di Chrome.

Tutup Chrome dan coba buka kembali. Semoga si wonderlandads tidak ngapelin sobat lagi… 🙂