Bahayakah minum minuman berenergi bagi kesehatan

minuman-energi


Anda suka mengkonsumsi minuman energi? Mungkin anda perlu berpikir lagi untuk melakukan kebiasaan tersebut. Dari hasil survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga survey di Australia, MJA (The Medical Journal of Australia), minuman berenergi mempunyai risiko kesehatan yang tidak kecil. Secara garis besar adalah sebagai berikut.

  1. Tachycardia (takikardia), adalah suatu keadaan ketika detak jantung meningkat dari detak jantung normal. Dalam beberapa kasus, tachycardia tidak menimbulkan masalah, namun dapat menimbulkan gangguan fungsi jantung, meningkatkan risiko stroke dan bisa menyebabkan serangan jantung mendadak yang bisa berujung pada kematian.
  2. Tremor / gemetar
  3. Agitasi / kegelisahan
  4. Gangguan pencernaan
  5. Nyeri dada / ischaemia
  6. Pusing / syncope
  7. Paraesthesia (kesemutan atau mati rasa pada kulit)
  8. Insomnia, kesulitan untuk tidur.
  9. Gangguan pernapasan
  10. Sakit kepala

Lebih jauh lagi, salah satu artikel di RS siloam menyatakan bahwa kadar gula yang terkandung pada minuman berenergi juga berpotensi pada kegemukan. Namun di sisi lain, minuman energi tidak selalu buruk bagi kesehatan Anda. Tapi ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan energi Anda. Cukup tidur, berolahraga secara teratur dan makan makanan sehat.

Selalau jaga kesehatan bro n sis, salam.