Daftar Alamat dan Jurusan SMK Negeri Kota Surabaya

Last updated on January 30th, 2017 at 10:11 am

smk-negeri-surabayaK-Blog, Update Oktober 2016. Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan karena sejarah mencatat bahwa arek-arek Suroboyo yang dipelopori Bung Tomo mempunyai semangat dan keberanian untuk melawan penjajah. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, sehingga Kota Surabaya pun menjadi pusat industri, bisnis dan perdagangan di Jawa Timur dan di Indonesia bagian timur. Di bidang pendidikan, Surabaya mempunyai lembaga pendidikan yang lengkap dari seluruh jenjang pendidikan baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Untuk sekolah menengah kejuruan, Kota Surabaya mempunyai 10 SMK Negeri. Berikut ini ane share daftar SMK Negeri yang ada di Kota Surabaya. Postingan ini saya lengkapi dengan alamat, nomor telepon, website, jurusan / kompetensi keahlian beserta akreditasi per jurusan. Sumber data utama,  diambilkan dari situs resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan ditambah  dengan bantuan master search engine google.





SMK NEGERI 1 SURABAYA
Jl. Smea No. 4 Wonokromo, Wonokromo, Kota Surabaya 60243
Telp. 031-8292038 website : http://www.smkn1-sby.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Rekayasa Perangkat Lunak – A
2. Teknik Komputer dan Jaringan – A
3. Multimedia – A
4. Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisisan – A
5. Desain Komunikasi Visual – A
6. Akomodasi Perhotelan – A
7. Administrasi Perkantoran – A
8. Akuntansi – A
9. Pemasaran – A

SMK NEGERI 2 SURABAYA
Jl. Tentara Genie Pelajar 26, Petemon, Sawahan, Kota Surabaya 60252
Telp. 031-5343708 website : http://www.smkn2sby.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Teknik Kontruksi Kayu – A
2. Teknik Gambar Bangunan – A
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik – A
4. Teknik Pemesinan – A
5. Teknik Kendaraan Ringan – A
6. Rekayasa Perangkat Lunak – A
7. Teknik Komputer dan Jaringan – A
8. Multimedia – A
9. Teknik Audio Video – B
10. Teknik Sepeda Motor –

SMK NEGERI 3 SURABAYA
Jl. Jend. A. 319 Surabaya, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya 60234
Telp. 031-8412886, 8417394 website : http://smkn3-sby.sch.id/smkn3/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Teknik Gambar Bangunan – A
2. Teknik Instalasi Tenaga Listrik – A
3. Teknik Pemesinan – A
4. Teknik Kendaraan Ringan – A
5. Teknik Audio Video – A
6. Multimedia – A

SMK NEGERI 4 SURABAYA
Jl. Kranggan No.81-101, Sawahan, Kota Surabaya 60251
Telp. 031-5345788 website : http://www.smkn4sby.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Multimedia – A
2. Usaha Perjalanan Wisata – A
3. Administrasi Perkantoran – A
4. Akuntansi – A
5. Pemasaran – A

SMK NEGERI 5 SURABAYA
Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo 167-169, Mojo, Gubeng, Kota Surabaya 60285
Telp. 031-5934888
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Teknik Gambar Bangunan – A
2. Teknik Instalasi Tenaga Listrik – A
3. Teknik Pemesinan – A
4. Teknik Kendaraan Ringan – A
5. Kimia Analisis – A
6. Kimia Industri – A
7. Teknik Audio Video – A

SMK NEGERI 6 SURABAYA
Jl. Margorejo, Margorejo, Wonocolo, Kota Surabaya 60238
Telp. 031-8438267 website : http://www.smkn6-sby.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Akomodasi Perhotelan – A
2. Jasa Boga – A
3. Kecantikan Rambut – A
4. Tata Busana – A
5. Multimedia – A
6. Usaha Perjalanan Wisata – A
7. Patiseri – A
8. Kecantikan Kulit – A
9. Akuntansi –

SMK NEGERI 7 SURABAYA
Jl. Pawiyatan No. 2 Bubutan, Bubutan, Kota Surabaya 60174
Telp. 031-5342407 website : http://www.smkn7-sby.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Teknik Gambar Bangunan – A
2. Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik – A
3. Teknik Pendinginan dan Tata Udara – A
4. Teknik Pemesinan – A
5. Teknik Kendaraan Ringan – A
6. Teknik Ototronik – A
7. Teknik Audio Video – A
8. Teknik Komputer dan Jaringan – A
9. Teknik Kontruksi Batu dan Beton – A

SMK NEGERI 8 SURABAYA
Jl. Kamboja No. 18-20, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya 60272
Telp. 031-5342410 website : http://smkn8-sby.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Akomodasi Perhotelan – A
2. Jasa Boga – A
3. Kecantikan Kulit – A
4. Kecantikan Rambut – A
5. Tata Busana – A
6. Patiseri – A
7. Multimedia –

SMK NEGERI 9 SURABAYA (di-merger ke SMK Negeri 12)
Jl. Siwalan Kerto Permai 1, Wonocolo, Kota Surabaya

SMK NEGERI 10 SURABAYA
Jl. Keputih Tegal, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya 60111
Telp. 031-5939581
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Multimedia – A
2. Usaha Perjalanan Wisata – A
3. Administrasi Perkantoran – A
4. Akuntansi – A
5. Perbankan – A
6. Pemasaran – A

SMK NEGERI 11 SURABAYA (di-merger ke SMK Negeri 12)
Jl. Siwalan Kerto Permai 1, Wonocolo, Kota Surabaya

SMK NEGERI 12 SURABAYA
Jl. Siwalankerto Permai 1, Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya 60236
Telp. 031-8436687 Website : http://www.smkn12surabaya.sch.id/
Jurusan / Kompetensi Keahlian dan Akreditasi :
1. Teknik Pemesinan – A
2. Multimedia – A
3. Animasi – A
4. Seni Lukis – A
5. Desain Komunikasi Visual – A
6. Desain dan Produksi Kria Tekstil – A
7. Desain dan Produksi Kria Logam – A
8. Desain dan Produksi Kria Kayu – A
9. Seni Musik Klasik – B
10. Seni Tari – B
11. Seni Karawitan – B
12. Seni Pedalangan – B
13. Seni Teater – B
13. Pemeranan –
14. Desain Produksi Interior dan Landscaping –
14. Desain Interior –
15. Desain dan Produksi Kria Kulit –
Catatan :

  • Dengan mulai diberlakukan sistem Penjurusan baru SPEKTRUM KEAHLIAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN, terdapat beberapa jurusan yang digabung, diganti namanya ataupun ditiadakan. Seperti Jurusan Ototronik di SMKN 7 Surabaya.
  • Untuk mengetahui jurusan / kompetensi keahlian yang ada di SMK secara lengkap, silakan kesini.

Data tentang jurusan SMK beserta status akreditasinya ini sifatnya sementara dan akan terus berubah mengikuti dinamika SMK yang bersangkutan. Jadi, sangatlah mungkin data yang tercantum ini berbeda dengan kondisi terbaru dari masing-masing SMK. Jika anda mempunyai info terbaru, silakan berkomentar disini. Suwun :)>



50 thoughts on “Daftar Alamat dan Jurusan SMK Negeri Kota Surabaya

    1. Bang Ipul..
      Setiap SMK dimungkinkan untuk menerima pindahan dari SMK lainnya, baik dari dalam maupun luar kota. Namun itu tergantung kondisi sekolahnya bro, apakan masih ada bangku kosongnya apa tidak. Untuk keterangan lebih detilnya silakan hubungi langsung SMK yang bersangkutan ya…

  1. Mau tanya untuk msk smkn negeri pakai danem ap tes ponakan saya pingin sekolah disurabaya apa bisa kan dia dari Sidoarjo

    1. Dewi Pusmita, biasanya pakai NEM/NUN mbak. Pengambilan pin tgl 25 Mei – 8 Juni 2018 (hari kerja). Selengkapnya tentang jadwal, prosedur PPDB Jatim th 2018 bisa baca dimari sis :
      PPDB JATIM 2018

  2. Jurusan mekatronika atau elektro industri kok gak ada ya? Anak saya bakatnya kl dijurusan mekatronika sangat tepat

  3. Kira Kira Dari Kalilom ke SMK1/SMK2 deketan mana yah??,jauh Gk sihh??,mau pilih jurusan RPL cuma 2 SMK yang ada jurusan itu

    1. Kalilom daerah kenjeran y?? Sama jauhe antara SMKN 1 dan SMKN 2.. Adik q juga aq daftarin d 2 SMKN tsb.
      Kalo tanya jaraknya, smkn 2 daerah jl.Patua – kenjeran butuh waktu 45-60 menit lewat jalan demak-arjuno
      Kalo smkn 1 daerah ketintang (wonokromo) – kenjeran butuh waktu >60 menit
      Jarak tsb menggunakan motor + resiko macet pagi hari.
      Kalo saya boleh saran, mending k smk yg jurusan tkj.. Peluang kerja juga gk kalah kuk ma rpl…
      Moga tercerahkn…

  4. kalo danem nya 20,09 bisa nggek ya kalo ke smk 3 , kalo gk bissa kira kira masuk smk mana ya yang bisa?

    1. Damar, maaf ya sob, saya tdk punya data passing grade hasil PPDB SMK Surabaya th 2017.
      Sedikit tips yg bs dilakukan adalah, melakukan pemilihan jurusan pada hari terakhir, ketika hasil seleksi sementaranya sudah muncul. Jd bisa ketahuan jurusan dan SMK mana yg masih memungkinkan dimasukin. Gitu bro..

    1. Chichi… Seperti jawaban atas komentar sebelumnya, saya tidak bisa akses ke situa ppdb surabaya. So, arsip hasil ppdb th lalu tidak bs diakses.
      Maaf ya…

    1. Fiefie… duh, saya kesulitan untuk mengakses data PPDB Surabaya sis, So passing gradenya tidak punya data…
      Btw, apa pun itu, gak ada salahnya untuk dicoba….

  5. Adek saya baru aja ujian. Masih bingunh mau masuk mana. Yg jelas SMK. Karna labil, hari ini mau A, besok B, besoknya C. Sampe bingung. Dia bosenan. Bakat juga belum keliatan bgt. Gak mau usaha dulu. Gimana yah enaknya

    1. Afm….
      Betul sis… usia lulusan SMP itu labil… belum tahu arah kedepannya. Pun juga lulusan SMA, belum tentu tepat dalam memilih jurusan di Perguruan tinggi. Passion seseorang terkadang ditemukan oleh dirinya sendiri ketika sudah lulus PT.
      Ok, beberapa poin yg mungkin bisa dipertimbangkan jika memilih jurusan SMK :
      1. Jenis ketrampilan apa yang paling diinginkan calon siswa. Terkait dengan mesin, otomotif, kuliner, busana, seni, kesehatan, manajemen, agrobisnis, traveling, desain, fotografi atau lainnya.
      2. Perlu mempertimbangkan ketrampilan unik yang bisa terpakai dalam kondisi apa pun. Mantan pacarku dulu ambil jur perhotelan, sempat kerja juga di perhotelan, namun stl punya baby, jd ibu rumah tangga. Sekarang malah bisnis kuliner dari rumah. Ketrampilan di bidang perhotelan bisa dibilang tdk terpakai. Nyesel kenapa tidak ambil jasa boga atau patiseri. So, jurusan2 jasa boga, patiseri, tata busana, tata kecantikan, teknik kendaraan ringan, elektro, Rekayasa perangkat Lunak dan yang semacamnya itu punya kelebihan dari segi fleksibelitas.
      3. Perlu juga diperkirakan Trend bisnis kedepan. Hal yang terkait dunia digital, teknologi dan rekayasa, Teknologi informasi dan Komunikasi sepertinya akan booming. So, jurusan multimedia, DKV, RPL, TKJ, Tehnik otomotif, tehnik mesin dll

      Ini yg bisa saya sampaikan, barangkali ada teman2 lain yg pingin share? silakan… 🙂

      1. Betul mas,krna peran orang tua yg harus dilihat bakat anak itu dari kecil dia suka apa yg tau pasti ibu deh ,krna setiap ibu tau dn dekat ama anak -2nya,contoh anaku sukae mewarnai dn treaveling atau bepergian,nah setelah tmat nanti ada 2 kemungkinan ditata rias atau usaha pariwisata krna dia ngak suka matematika podo ambek ibue,dn ibu akhirnya sesuai bakat kerjae?

    2. Mbak Wiwik… betul, Sang Ibu yang jeli, biasanya bisa memperkirakan minat dan bakat anak. Yen gak ngerti, jenenge kebangetan iku mbak… 😀

      Selamat berkativitas mbak wiwik, semoga sukses ya…

    1. Mbak Yuliana, betul mbak… Jurusan Tata Busana bisa dijadikan pilihan. Bisa juga jurusan Multimedia atau teknik gambar bangunan, teknik grafika atau desain komunikasi visual.

  6. Dibutuhkan segera
    Teknisi lulusan stm mesin lamaran kirim ke margorejo indah d 205d.ud.tenteram sejahterah…kita bergerak di bidang repair alat berat hydraulis…

    1. Nadia, memang NEM relatif kecil… Namun memberi dia pengalaman untuk ikut PPDB juga penting. Soal diterima apa tidak, mungkin masalah lain. Setidaknya sudah mencoba.
      Namun, disaat bersamaan tidak ada salahnya mulai mencari alternatif SMK swasta.
      Itu menurut pendapat ane ya sis…

    1. Fian, untuk jurusan jasa boga tidak ada diskriminasi gender bro, bisa cowok bisa cewek. Bahkan untuk jurusan kecantikan, cowok pun boleh mendaftar… 🙂

    1. Ara, hampir setiap tahun, ada saja SMK yang mengalami perubahan jurusan. Perubahan tersebut bisa penambahan jurusan baru, atau pengurangan jurusan (jurusan yang sebelumnya ada, tidak menerima siswa baru). Kita baru mengetahuinya saat PPDB SMK dimulai…
      SO, tunggu rilis resmi dari situs resminya di ppdbsurabaya dot net ya…

    1. Devi, jika indikasi akreditasinya semuanya ‘A’, berarti semua baik. Devi bisa menambahkan atribut pembeda sebagai acuan tambahan. Misalnya, tingkat kemudahan dijangkau.

    1. Melly, Data sudah ane update. Jurusan Multimedia di SMKN 8 memang masih baru. Klo masih baru tentunya belum terakreditasi. Hal ini dikarenakan salah satu syarat pengajuan akreditasi jurusan di SMK adalah Jurusan tsb harus sudah meluluskan siswanya.
      Semoga membantu… 🙂

Leave a Reply to Dewi puspita sari Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *