Cara mengembalikan default tampilan Google Chrome

Last updated on October 6th, 2017 at 04:40 pm

Ketika sedang mengunduh sebuah file, terkadang secara “tidak sengaja” kita turut mengunduh juga program lainnya yang mendompleng pada program yang ingin kita download. Biasanya hal ini terjadi saat kita mengunduh program freeware atau shareware / free trial yang menggunakan 2 step unduhan. Step pertama yang di-download adalah program kecil yang biasanya hanya sekitar 1 MB. Step kedua, download program utama dengan cara menjalankan program kecil yang telah di-download pada step pertama.
Pada step inilah, program-program addware atau malware tersebut menyusup dengan teknologi hantu tanpa kita sadari. Salah satu bentuknya bisa berupa tool bar atau dengan mengubah default halaman browser. Contohnya seperti ini :
crome-defaultMy start search, hanyalah salah satu dari banyak adware yang berkeliaran di jagat maya. Contoh lainnya adalah, tb seach ask, searchya dan lain-lain. Pada prinsipnya memang tidak merusak system seperti trojan atau virus, namun terkadang memang tidak sedap dipandang.  Untuk mengatasinya anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Menghapus / meng-uninstall program yang terkait. Anda bisa melakukannya dari control panel atau menu uninstall yang terdapat pada menunya. Jika ternyata tidak bisa di-uninstall, gunakan program bantu seperti Revo Uninstaller.
  • Jika dirasa perlu, gunakan program bantuan / utility penghapus malware / spyware seperti spybot search & destroy.
  • Kembalikan  default browser seperti semula. Masing-masing browser mempunyai cara  berbeda dengan yang lainnya. Untuk Google Chrome, silakan lanjut.

 



Nah, kali ini ane akan share cara mengembalikan default tampilan awal dari browser Google Chrome.

  1. Klik Tombol Customize and control Google Chrome yang ada di pojok kanan atas. Selanjutkya tekan menu settings.
  2. chrome-default1Pada menu settings, tekan Show advanced settings untuk menampilkan semua menu setting.
  3. Selanjutnya silakan tekan tombol reset settings yang ada di bagian bawah. Tunggu sampai selesai dan silakan restart broser Chrome anda.  Selesai.


Semoga tips cara reset google chrome ke default semula ini bermanfaat bagi anda. Untuk Anda yang juga mengalami masalah pada browser Mozilla Firefox, anda bisa membaca ini : Cara Mengembalikan default new tab Firefox.