Tips agar Tetap Sehat saat Puasa Ramadhan

Puasa adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah swt dengan cara tidak makan dan minum serta menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Ini artinya selama sekitar 14 jam, tubuh kita tidak akan mendapakan asupan makanan dan minuman. Semua orang pasti ingin tetap sehat dalam berpuasa, untuk itu pengaturan pola makan dan istirahat adalah penting. Nah, beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan fit saat berpuasa:

  1. Makan sahur. Beberapa orang memang kesulitan bangun saat waktu sahur tiba. Namun makan sahur mempunyai banyak manfaat selain karena sifatnya yang sunnah. Makanan yang kita makan saat sahur menjadi sumber tenaga yang mempengaruhi stamina kita sepanjang hari. Pilihlah makanan yang kaya karbohidrat komplek dan protein, sayuran dan buah-buahan serta banyak minum air. Nasi merah, roti gandum, ubi, jagung adalah contoh makanan yang berkarbohidrat komplek.
  2. Ketika siang hari berada pada titik puncaknya, batasi aktifitas fisik anda. Beristirahatlah jika memungkinkan.
  3. Saat berbuka puasa, lakukan secara bertahap. Ikuti sunnah nabi, berbuka dengan yang manis. Anda bisa berbuka dengan sepotong kurma, teh manis, susu, atau jus buah. Setelah sholat magrib, bisa dilanjutkan dengan makan makanan pembuka yang ringan-ringan, seperti sup, kue, biskuit. Makanan berat bisa anda lakukan selanjutnya. Setelah berpuasa, anda mesti mengganti cairan tubuh dan kadar gula dalam darah yang berkurang saat berpuasa, namun jangan berlebihan.

  4. Hindari konsumsi makanan yang berminyak. Makanan berminyak bisa membuat sel darah merah menggumpal sehingga aliran oksigen dalam darah bisa berkurang 20%. Efeknya, anda akan gampang mengantuk saat siang hari tiba.
  5. Hindari prinsip ‘balas dendam’, makan malam yang sehat dan seimbang, Jangan berlebihan untuk menjaga agar tidak kegemukan. Minum kopi dan soda sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan susah tidur. Ganti dengan air mineral atau jus buah.
  6. Lakukan olahraga ringan di malam hari, seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 15-20 menit.
  7. Berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi tentang pola makan , waktu minum obat atau multivitamin yang tepat selama berpuasa.
  8. Selain memperhatikan asupan makanan, mengatur pola tidur juga sangat penting. Ketentuan waktu sahur menjelang subuh, tentunya mengubah pola tidur anda. Tidur lebih awal adalah solusinya, jangan begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Semoga bermanfaat.

Sumber :

  • islam.about.com
  • english.ahram.org.eg
  • berbagai sumber