Cara mengetahui versi Microsoft .NET Framework

Last updated on August 23rd, 2017 at 05:11 pm

netframeSebagian orang, Microsoft .NET Framework adalah sesuatu yang menyebalkan. Untuk menginstall aplikasi program tertentu, disyaratkan untuk menginstall Microsoft .NET Framework versi tertentu juga. Bagi sobat yang berhubungan dengan aplikasi yang terkait dengan pajak (espt), tentunya paham betul dengan kerumitan yang berhubungan dengan dot net framework ini. Sebenarnya apa sih Dot Net Framework ini?

Kalau menurut wikipedia

Microsoft .NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) atau lebih dikenal dengan singkatan dot net (tidak berhubungan dengan domain .net) merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi Microsoft Windows, saat ini .NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem. Berbeda halnya dengan tipikal aplikasi konvensional umumnya, program yang ditulis dengan memanfaatkan .NET Framework berjalan pada lingkungan perangkat lunak melalui Common Language Runtime, dan bukan perangkat keras secara langsung. Hal ini memungkinkan aplikasi yang dibuat di atas .NET secara teoritis dapat berjalan pada perangkat keras apapun yang didukung oleh .NET Framework. Perangkat lunak ini adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.

Ilustrasinya mungkin begini (CMIIW)

Kang Gigih pedagang dari Waru, ingin berjualan es oplosan keliling. Yang perlu dipersiapkan selain bahan-bahan dan peralatan untuk membuat es oplosan, juga harus siap-siap membuat gerobak dorong.
Cak Mujiger pengusaha dari Kediri pingin jualan bakso keliling, Yang perlu dipersiapkan selain bahan-bahan dan peralatan untuk membuat bakso, juga harus membuat gerobak dorong.
Bagi para pedagang ini, keharusan untuk membuat gerobak jadi sesuatu yang merepotkan. Namun ketika Pak Lurah menyediakan gerobak gratis untuk jualan, pedagangpun teriak kegirangan karena mereka bisa berkonsentrasi pada produk jualannya saja.

Nah, Jika Cak Gigih dan Cak Mujiger itu Programer maka gerobaknya adalah net framework dan Pak Lurahnya adalah Microsoft. :mrgreen:

Okeeeh, kita tahu bahwa microsoft sudah mengeluarkan berbagai versi net framework. Terkadang mungkin  sobat perlu untuk mengetahui, versi berapa dot net  yang terinstal di PC sobat. Berikut ini adalah cara mengetahui versi Dot net framework yang terinstall di PC :
1. Menggunakan Explorer
2. Menggunakan Registry Editor
3. Menggunakan program bantu



  1. Jalankan Explorer
  2. Cek ke folder windows\microsoft.net

  1. Jalankan Registry Editor – Run -> regedit (windows xp) ; search – regedit (windows 7 up)
  2. Cari key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\NDP

Anda bisa menggunakan utility program bernama .NET Detector dari aSoft. Program ini free, portable dan kecil, hanya 396 KB (versi zip-nya). Menurut situs pengembangnya bekerja bisa berjalan di windows XP, Vista, Windows 7, dan Windows 8.x, baik 32 – dan 64-bit.

Fitur lain yang cukup bermanfaat dari utility ini adalah ketersediaan link download untuk berbagai versi. NET Framework. Jika Anda kehilangan versi dan ingin menginstalnya, ini menyediakan cara yang nyaman. Silakan download disini

Dot NET Detector

Jika anda hanya perlu mengetahui garis besar versi dot Net Framework, maka cara pertama dan kedua (menggunaka Windows Explorer dan Registry editor) sudah cukup, namun jika anda ingin mengetahui lebih detail sampai dengan SP-nya, silakan pakai cara ketiga.

Semoga membantu



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *