5 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

Last updated on February 8th, 2017 at 05:29 pm

baumulutMulut Anda bau naga? Pasti nyebelin deh… bukan hanya kita sendiri namun juga bagi orang-orang disekitar kita. Berikut ini ane petikkan tips untuk menghilangkan bau mulut yang disadur dari berbagai sumber.  Ane sajikan 5 tips, step by step.




Bersihkan mulut Anda secara menyeluruh dan teratur.

  • Menyikat gigi bukan hanya untuk keindahan, tetapi untuk lebih utama untuk kesehatan mulut dan napas bersih. Menyikat bukan hanya di bagian depan gigi atau di bawah/ atas gigi saja. Namun juga di bagian belakang gigi (diantara gigi dan lidah) perlu mendapatkan perhatian.
  • Dua sumber utama bau mulut adalah bakteri dan partikel makanan yang membusuk. Ada ratusan sudut dan celah dalam lanskap  mulut Anda di mana bakteri atau sisa makanan yang busuk bisa mendapatkan bersarang. Menyikat tidak cukup, anda perlu membersihkan lidah Anda.  Gunakan sikat gigi Anda, tepi sendok, atau pembersih lidah untuk “mengikis” lidah Anda.
  • obat-kumurGunakan obat kumur. Banyak merk yang tersedia di pasaran, silakan pilih mana yang sekiranya cocok buat anda. Obat kumur ini membantu untuk menjaga mulut Anda tetap lembab dan membantu untuk mencegah bau mulut.

Jagalah agar mulut Anda tetap lembab.

Mulut yang kering adalah mulut bau. Itu sebabnya napas Anda lebih buruk di pagi hari karena mulut memproduksi lebih sedikit air liur saat Anda tidur. Air liur adalah musuh bau mulut karena tidak hanya secara fisik mencuci bakteri dan sisa makanan, tetapi juga memiliki antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri.

  • Mulut yang kering dapat juga disebabkan oleh obat-obatan atau kondisi medis tertentu Dalam kasus ini, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter.
  • Beberapa permen, mempunyai efek yang berbeda dalam kaitannya dengan kelembaban mulut. Permen karet merangsang produksi air liur (selain menutupi bau dengan beberapa jenis aroma). Sedangkan Mints tidak mendorong produksi air liur.
  • aquaMinumlah air. Air tidak akan selalu meningkatkan produksi air liur, tapi dengan minum air akan membersihkan mulut Anda – dan itu baik untuk Anda.

Pilihlah permen dengan hati-hati.

permen-karetSeperti disebutkan dalam langkah sebelumnya, permen karet akan membantu menghilangkan bau mulut karena dengan mengunyah permen karet, air liur akan lebih banyak diproduksi. Beberapa permen, mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan yang lain :

  • Permen Cinnamon, permen yang menggunakan kayu manis sebagai salah satu  bumbu tampaknya sangat efektif dalam mengurangi jumlah bakteri dalam mulut Anda. Dari pengamatan Dokter gigi  di Chicago , Dr Min Zhu,  menunjukkan bahwa mengunyah permen Cinnamon mampu membunuh hingga 40 % dari bakteri penyebab bau mulut.  (www.real5000.com.us)
  • Carilah permen manis yang mengandung xylitol. Xylitol adalah senyawa kimia organik yang diciptakan sebagai pemanis buatan pengganti gula. Dari beberapa artikel yang saya baca, xylitol ini tidak menyebabkan kerusakan pada gigi, bahkan bisa meningkatkan kepadatan tulang, mencegah infeksi telinga dan mencegah perkembangan bakteri  dalam mulut. Tertarik dengan hal ini? Silakan baca chem-is-try.org   , health.kompas.com  atau apoteker.info

Makan pisang.

pisang vitaKebanyakan dari kita pasti sudah paham betul kemampuan pisang untuk menghalau bau makanan yang menyengat seperti bawang merah, bawang putih, keju dan petai. (Jangan bilang klo buat ngilamgin bau petai mesti makan jengkol..!! :mrgreen: ) So, tidaklah heran jika pisang dijadikan hidangan penutup makan. Ssssst…. Vitalia Shesya ternyata penggemar pisang juga lho… 😉

Berkonsultasi dengan dokter.

Jika Anda  langkah-langkah di atas sudah dijalani namun bau mulut masih membandel, mungkin Anda memiliki permasalahan medis yang perlu diobati. Berikut adalah beberapa penyebab potensial:

  • Batu amandel disebut juga Tonsilloliths,  adalah gumpalan bahan kalsifikasi yang sebagian besar terdiri dari kalsium, tetapi mungkin mengandung mineral lain seperti  fosfor dan magnesium, serta amonia dan karbonat yang terbentuk di celah-celah amandel. Pada umumnya terdapat pada tonsil palatina, namun juga dapat terjadi di amandel lingual. Beratnya antara 300 mg sampai 42 g. Ini adalah salah satu penyebab halitosis/bau mulut. (wikipedia)
  • Diabetic ketoacidosis . Diabetic ketoacidosis (DKA) adalah komplikasi yang mengancam jiwa pada pasien dengan diabetes mellitus. Ini terjadi terutama pada mereka dengan diabetes tipe 1, tetapi bisa juga terjadi pada mereka dengan diabetes tipe 2 dalam keadaan tertentu.   Sumber : news-medical.net
  • Trimethylaminuria. Trimethylaminuria adalah ketidakseimbangan genetika yang mengakibatkan seseorang memiliki bau badan yang tidak enak dan asem  (info-kesehatan.net) Jika tubuh Anda tidak dapat memecah bahan kimia yang disebut trimetilamin, itu akan dirilis dalam air liur Anda, menyebabkan bau mulut. Biasanya hal ini berbanding dengan bau badab anda.

Berkaitan dengan  aktifitas berpuasa bagi umat muslim, bau mulut yang menyengat menjadi salah satu  konsekwensinya. Berpuasa menyebabkan kondisi mulut kering dan produksi air liur menurun drastis. Untuk mengatasinya, cukup lakukan langkah pada step pertama. Makruh? Hmmm, ulasan ini tidak membahas soal itu, namun secara pribadi Badrun pun tetep melakukan aktivitas menggosok gigi plus berkumur. Menjaga kebersihan (mulut), selain menghormati diri sendiri juga berarti menghormati orang lain.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1436 H 

Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan tahun kemarin. Amin

 

Referensi :

  • http://www.wikihow.com/Get-Rid-of-Bad-Breath
  • info-kesehatan.net
  • heath.kompas.com
  • chem.-is-try.org
  • apoteker.info
  • news-medical.net
  • wikipedia
  • berbagai sumber lainnya

Source Image :

  • Google + sotoshop + otak mbeling :mrgreen:

3 thoughts on “5 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

  1. met puasa.. ya.. yuk sedekah.. . let’s let go to schol school…. Mari sekolah ayo kuliah. thank you very much …keep up. Sehat selalu and Smangat selalu.. brgds, facebook.com/obatamandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *