Tips Memilih Gaun Pengantin

Last updated on May 29th, 2015 at 06:58 pm

Wedding day adalah salah satu saat yang paling indah dan mendebarkan bagi setiap insan. Setiap pasangan berharap bahwa hari itu menjadi hari istimewa yang datang hanya satu kali dalam seumur hidup. So, tidaklah heran jika kita mempersiapkannya dengan matang. Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah  gaun pengantin.  Tidak perlu bingung memilih gaun pengantin, coba ikuti  saran dari desainer Didi Budiarjo, berikut ini.

  1. Pertama. untuk desain baju atau gaun pengantin. sebaiknya memerhatikan bentuk tubuh,bukan pada bentuk gaunnya. Ibaratnya. jadilah diri sendiri, jangan terlalu terpengaruh dari majalah atau foto di internet yang terkadang membuat seseorang tidak realistis pada diri sendiri. Apakah bentuk tubuh memungkinkan seseorang mengenakan desainnya atau tidak.
  2. Kedua. gaun pengantin tidak harus yang mewah atau glamor. Tapi yang penting adalah orang yang mengenakan gaun itu. Jangan sampai ketika memakai gaun itu, sang pengantin jadi terlihat heboh dan tenggelam dalam gaunnya.
  3. Ketiga. untuk urusan warna ada banyak sekali pilihan. Misalnya untuk warna putih saja, ada macam-macam tone-nya, mau yang putih macam tone marmer atau cangkang putih telur. Pertimbangannya kemudian, sesuaikan dengan warna kulit. Sebaiknya. minta saran pada desainer, mana warna yang cocok untuk Anda. Sebagai contoh, mau pakai tone putih yang mana jika kulit putihnya jenis kaukasian atau oriental? Pemilihan warna itu akan memberikan kesan warna putih yang berbeda.
  4. Keempat. bagaimana jika bingung dengan mode? Sebenarnya detail rok berekor dan baju mekar itu saja sudah merupakan ciri khas gaun pengantin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberi perhatian lebih besar pada detail. Sangat penting untuk mempunyai referensi gaun pengantin, entah itu dari majalah atau internet untuk membantu memberi gambaran mengenai gaun yang diinginkan.
  5. Kelima, sesuaikan dengan anggaran.

Menurut kang Badrun sih, ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan :

  • Untuk Pemilihan model dan warna, sebaiknya juga memperhatikan tempat pesta diadakan. Indoor atau outdoor tentunya mempunyai karakteristik yang sangat berbeda. Untuk pesta indoor, perlu diperhatikan juga desain ruangan pesta beserta warnanya.
  • Perhatikan lokasi pelaksanaan pesta. Jika lokasinya di pantai dan dilaksanakan siang hari, hindarilah gaun panjang atau gaun yang berpernik-pernih heboh.
  • Persiapkan jauh-jauh hari, tiga sampai enam bulan akan jauh lebih baik. Jika Anda memutuskan untuk membuat gaun, hal ini tentu sangat menguntungkan karena kebanyakan desainer tentu akan membebankan biaya yang lebih mahal jika anda menginginkan selesai lebih cepat dari standar. Jika anda memutuskan untuk membeli pun, anda akan mempunyai kesempatan lebih banyak untuk mengunjungi beberapa toko dengan pilihan gaun yang tentunya juga lebih banyak lagi.
  • Rajin-rajinlah brosing untuk mengetahui even-even yang berkaitan dengan wedding. Biasanya jika ada bazar atau pameran, harga yang ditawarkan lebih murah.
  • Banyak calon mempelai wanita yang ngotot memesan gaun dengan ukuran lebih kecil dari ukuran sekarang. Mereka yakin bahwa di hari-H nya nanti akan bisa menurunkan berat badannya.  Ini tentunya sangat berisiko, jika ternyata Anda bermasalah dengan program diet Anda.  Hmmm, tentunya Anda tidak ingin pingsan kala berlangsungnya resepsi kan? :mrgreen: Tentukan ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda saat ini.

Okeeh, Here’s wishing you a very Happy Wedding!

Referensi :

  • kompas.com
  • My mind – Kang Badrun, lebih dari 5 tahun  bekerjasama dengan bridal ternama di kawasan Roxi Jakbar dalam pelaksanaan even wedding.