Tips memilih dan merawat Bra

HAMPIR sebagian besar perempuan belum tepat memilih bra (kutang). Kalau tidak terlalu kecil. bisa jadi terlalu besar. Akibatnya, pakaian dalam yang ikut mendukung keindahan bentuk tubuh ini, tidak dapat berfungsi maksimal bahkan dapat mengganggu kesehatan.

Beha adalah pakaian dalam yang digunakan manusia berjenis kelamin perempuan. Beha dipakai oleh perempuan yang telah memiliki payudara yang telah matang. Beha juga ditulis dengan BH atau biasa juga disebut kutang atau bra. Beha atau yang disingkat dengan BH merupakan kependekan dari kata Belanda, yakni Buste Houder, yang diserap dalam bahasa Indonesia cuma singkatannya saja. Nama populernya di Indonesia adalah kutang. Namun sekarang ini kata bra sudah mulai menggeser kata “beha” ini, kata yang berasal dari bahasa Prancis, brassiere dan diterima dalam bahasa Indonesia melalui bahasa Inggris. wikipedia

Sssssss…! mungkin lebih afdol bacanya klo sambil ngedengerin ini sis… 🙂

Memilih bra yang tepat dan sesuai ukuran badan akan sangat bermanfaat, tak hanya untuk bentuk tubuh, tetapi juga untuk kesehatan.

  • braLucia Niken. Marketing Manager Sorella, menjelaskan, untuk mengetahui ukuran bra yang tepat, lakukan pengukuran terlebih dahulu. Beberapa counter bra menyediakan jasa pengukuran. “Mintalah diukurkan terlebih dahulu sebelum membeli bra yang diinginkan.” ujar Niken dalam acara talkshow dan relaunch Sorella Contour Series, di Riau Junction, Bandung, belum lama ini.
    Pengukuran bra dilakukan melingkar seputar dada dengan meletakkan alat pengukur sampai puncak permukaan payudara. Jangan minta tolong suami lho :mrgreen:  Nanti akan diperoleh hasil yang kemudian dengan hitung-hitungan tertentu dapat dicocokkan dengan ukuran bra, apakah hasil pengukuran setelah dicocokkan dengan ukuran-ukuran yang sudah ditetapkan, tergolong ukuran besar atau kecil.
  • Untuk payudara yang besarnya tidak sama, kadang yang kanan lebih besar dari pada payudara kiri atau sebaliknya, menurut Niken, pilih ukuran payudara yang besar sebagai acuan. Untuk payudara kecil nantinya dapat menyesuaikandengan menambah cup push. Cup push adalah cup dengan tambahan pad khusus untuk meningkatkan garis payudara dengan ukuran cup lebih besar.


Bahayanya memilik bra yang ukurannya terlalu kecil :

  • Heni, juga dari Sorella menambahkan, memilih bra yang kurang tepat, akan membahayakan sang pemakai Bra terlalu kecil dapat menekan dan mengganggu pemapasan menjadi sesak.
  • Selain itu dapat mengakibatkan lecet-lecet (iritasi) pada kulit. Lingkar dada bra juga cup payudara akan menekan payudara dan sekitar dada Anda.
    Tali bra yang terlalu ketat juga bisa mengakibatkan lecet pada pundak. Pundak menjadi tegang dan sering kali akhirnya menimbulkan pegal-pegal.
  • Tali bra yang tidak proporsional, misalnya terlalu kecil, tidak dapat menopang payudara yang besar. Efeknya, tali cepat mengendur dan posisi payudara menurun.
    “Ini tentu saja bulan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman tetapi juga tidak aman. Tujuan memakai bra kan untuk menopang payudara agar tampak bagus, malah jadi melorot,” Ujarnya.
  • Bahaya lain, munculnya jamur. Iklim Indonesia yang trupis kerap mengundang gangguan Jamur pada kulit. Permukaan kulit yang lembap, tertutup, dan lama merupakan sarang jamur. Apalagi cuaca tropis cenderung panas dan menimbulkan keringat berlebih sehingga jamur mudah tumbuh.
    “‘Apalagi daerah payudara sering kali terutup. Keringat yang tertutup lama bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur.” ujarnya.

Niken menjelaskan, bra terdiri atas cup push,wings, bra underwire, tali bra, dan bra band. Cup push adalah cup dengan tambahan pad khusus untuk meningkatkan garis payudara dengan satu ukuran cup lebih besar. Terbuat dari silikon untuk spesial liquid dan pad khusus.
Push cup ini, kata Heni, dapat juga bekerja sebagai alternatif bagi perempuan yang bermaksud operasi pembesaran payudara. Dengan menggunakan push cup bantalan, seseorang mendapatkan efek yang sama (payudara lebih besar) dengan biaya lebih rendah dari operasi. Wings bra yang berukuran lebar merupakan rangka bra yang kokoh dan lebar dapat menopang payudara tetap pada kegiatan wanita yang aktif sekalipun. Selain memberikan fungsi mendorong payudara ke depan juga memberikan fungsi menekan lemak di sisi kanan kiri.
“Bahan yang digunakannya foam lining polyester, velour lembut dan nyaman terhadap kulit. Polyester juga memberikan dukungan baik dan membentuk payudara indah. Bra underwire sifatnya sangat elastis dan berfungsi menopang payudara pada saat yang sama. Ujungnya berbentuk khusus sehingga tidak menembus saluran underwire.

Ujungnya berwarna ditandai sehingga mudah untuk mengatur posisi yang benar. Terbuat dari galvanis dan dilapisi plastik. Tali bra memilki 10 persen tambahan penopang pada payudara. Sementara bra band memberikan support 90 persen dari kontribusi penopang penuh bra karena dilengkapi pengait ganda yang membuat bra tidak akan bergeser dengan mudah.
Sebenarnya, kata Niken. pihaknya menyediakan dua jenis bra, yakni body contour dan beauty contour.

  • Body contour ditujukan kepada wanita trend setter yang membutuhkan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan yang lain, terutama untuk fashion.Body contaur lebih menitik beratkan pada warna serta lace (renda) yang glamor.
  • Beauty contour ditujukan kepada wanita aktif, lugas, dan simpel. “Ini sangat membantu, karena saya sendiri tergolong wanita aktif yang membutuhkan bra dengan penopang yang kuat,” ujar Mira, salah seorang karyawati swasta yang hadir pula pada acara tersebut.

Tips Cara perawatan Bra :

  • Jangan terlalu banyak deterjen,
  • Jangan dikemur di terik matahari,
  • Jangan diperas (ditekuk) terutama untuk bra berkawat. Hal itu akan mengubah bentuk kawat.
  • Saat dijemur, jemurlah bagian dalam bra di permukaan luar (terbalik). Kaitkan ujung permukaan dan jemur.
  • Sabun yang dianjurkan memakai sampo bayi. Gunakan air panas dan jangan direndam terlalu lama.
  • Saat akan disimpan setelah dijemur, jangan disimpan dengan cara menumpuk cup kiri kanan menjadi satu. Tapi kaitkan pengait di belakang, tumpuk sejajar
    dengan bra lain.
  • Bila tidur, bra dapat dilepas, terutama bila suami menginginkan payudaranya berukuran kecil. Bila ukurannya besar sebaiknya tidak dibuka tetapi hanya dikendurkan pengaitnya,(Eriyanti/”PR”)*”

Referensi :

  • Pikiran Rakyat, 17 Pebruari 2013
  • Wikipedia
  • 4shared