12 tips mengatasi insomnia – susah tidur

Image: iStockPhoto
Image: iStockPhoto

Tidur adalah sebuah mekanisme pertahanan tubuh agar tetap dalam kondisi yang optimal. Disaat tidur, sebagian besar aktifitas tubuh beristirahat dan ketika bangun, kita akan merasakan kondisi tubuh yang segar. Jika Anda mengalami gangguan terhadap tidur, maka akan berefek terhadap kesehatan Anda.  Menurut beberapa penelitian medis, kurang tidur kronis dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, kehilangan nafsu makan, kehilangan fokus dan konsentrasi dan juga melemahnya sistem kekebalan tubuh. Kondisi seperti itu sering disebut Insomnia,

Insomnia adalah gejala  kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Wikipedia.

So, bagaimana cara mengatasi gangguan susah tidur?

1. Jadualkan waktu tidur secara konsisten

Langkah pertama dan utama adalah menentukan waktu tidur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup. Sebuah survei yang dilakukan tahun 2005 di Amerika oleh National Sleep Foundation melaporkan  bahwa rata-rata, orang Amerika tidur 6,9 jam per malam-6,8 jam selama seminggu dan 7,4 jam pada akhir pekan. Umumnya, para ahli merekomendasikan delapan jam tidur per malam.  Pilihlah waktu tidur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan jumlah jam tidur ideal.

2. Biasakan bangun pagi di waktu yang sama

Seperti kebiasaan pertama, kebiasaan kedua ini  berbanding lurus dengan kebiasaan pertama. Membiasakan bangun pagi di waktu yang sama, selain menguntungkan karena tidak kesiangan dan anda bisa berkatifitas tanpa takut dengan kata “terlambat”, juga akan menjamin Anda untuk mendapatkan “rasa lelah” yang cukup. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh anda siap untuk tidur di waktu yang telah anda tentukan.

3. Hindari Minum Kafein di malam hari

Minum secangkir Nescafe ato Kapal Api di malam hari merupakan kesenangan terutama untuk kopimania. Namun, hal ini berpotensi untuk merusak jadual tidur anda. So, jadualkan waktu ngopi yang tidak terlalu dekat dengan waktu tidur anda.

4. Jangan Minum Alkohol Sebelum Tidur

Beberapa orang berpikir bahwa alkohol adalah obat terbaik untuk menyembuhkan insomnia. Mabuk, trus tidurnya bobo pules. Tidak 100% benar bro, karena kondisi mabuk juga punya kecenderungan untuk membangunkan Anda di tengah malam, sehingga akan menurunkan kualitas tidur Anda. Jika Anda tidak dapat menahan setan alkohol, minumlah segelas kecil aja di sore hari untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan tidur yang solid.

5. Hindari perangkat Teknologi di Kamar Tidur Anda

Kamar tidur adalah tempat bagi Anda untuk beristirahat dan tidur sehingga Anda tidak memerlukan alat elektronik untuk menemani Anda. Jauhkan TV, BB, smartphone, laptop, tablet dan semacamnya keluar dari ruangan Anda. Perangkat tersebut hanya membuat pikiran Anda berdengung dan membuat Anda berlama-lama dalam dunia digital – mereka memikat Anda untuk memeriksa update terakhir di facebook dan twitter atau apa yang melaporkan media tv. Yang Anda butuhkan adalah kamar tidur yang kondusif untuk tidur dan bukan untuk MELEK.

6. Jangan membawa Pekerjaan ke Kamar Tidur Anda

Membawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, hanya akan membuat otak Anda berjalan lebih cepat dan tidak bisa dimatikan. Don’t do it

7. Hindarkan Sinar Lampu yang terlalu Terang

Tubuh manusia secara alami mengambil isyarat tidur dari kegelapan. So, sinar lampu yeang tidak terlalu terang akan lebih kondusif bagi tidur Anda.

8. Memiliki tempat tidur yang  Nyaman

Pilihlah kasur yang berkualitas baik dan tempat tidur yang menurut Anda  nyaman. Ini akan sangan membantu Anda agar bisa tertidur dengan mudah.

9. Gunakan Musik jika Diperlukan

Dalam kasus tertentu,  ada orang yang tidak bisa tidur jika mendengar sebuah kebisingan. Jika Anda adalah jenis orang tersebut, manfaatkan perangkat penghasil suara sesuai dengan yang anda inginkan. Misalnya, anda tidak bisa tidur jika tidak sambil mendengarkan musik keroncong ato campursari, bahkan dangdut :mrgreen: , iringi tidur anda dengan music itu.

10. Makanlah sebelum tidur.

Kondisi perut yang keroncongan, tentunya akan menyebabkan tidur anda tidak berjalan optimal. Sebaiknya anda makan sebelumnya namun hindarkan makanan berat, karena akan menempatkan tubuh Anda ke suasana pencernaan yang tidak santai. Hindarkan juga makanan yang pedas yang menyebabkan ketidaknyamanan tidur.

11. Selesaikan Permasalahan sebelum Tidur

Dalam interaksi dengan seluruh anggota keluarga, sangatlah mungkin terjadi kesalahpahaman dan perselihan. Biasakan menyelesaikannya sebelum anda berangkat tidur.

12. Seks

Aktifitas seks memerlukan energi yang cukup banyak. Kondisi releks paska melakukan aktivitas seksual, akan memudahkan anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Catatan, aktivitas seks mesti dengan pasangan sah lho, klo ama pembantu justru gak bisa tidur tuh…. :mrgreen:

 

Sumber Referensi :