Cara mengatasi delay saat mencetak dengan printer Dot Matrix

Last updated on May 23rd, 2017 at 10:57 am

Bicara tentang printer di masa lalu, selalu identik dengan printer dot matrix. Epson adalah merk produk printer yang sangat familier sebagai rajanya printer dot matrik. Sebenarnya saat itu Epson tidak sendirian, ada Xerox dan Panasonic untuk klas pengguna biasa.  Di kelas atas, ada merk c-itoh yang harganya 3 X lipat lebih tinggi.

Seiring dengan perkembangan jaman, popularitas printer dot matrik mulai memudar dengan hadirnya jenis printer Inkjet dan printer Laser. Menurut perkiraan ane, dot matrik akan tetap eksis karena mempunyai karakteristis yang unik sebagai faktor kelebihannya. Setidaknya ada dua faktor nih

  • Kemampuan mencetak di kertas berkarbon (biasanya untuk cetak faktur atau kwitansi).
  • Biaya operasionalnya lebih murah



Okeeh, beberapa problem terkadang muncul pada pemakaian printer dot matrik yang menggunakan port LPT sebagai sarana pencetakaannya. Biasanya timbul saat mencetak dari program under DOS (dBase, foxbase, clipper). Pencetakan cetak tersendat, proses program di komputer sudah selesai tetapi tidak langsung mencetak di kertas. Sebut aja kondisi ini adalah adanya ‘delay’. Jika Anda mempunyai kasus seperti ini, coba atasi dengan langkah-langkah sbb :

Start => Run => Ketik regedit => Enter.

Maka tampil window registry editor, kemudian berturut-turut pilih/klik
1. HKEY-LOCAL_MACHINE
2. System
3. CurrentControlSet
4. Control
5. WOW – kemudian di window sebelah kanan pilih/double klik LPT-Timeout ubah nilainya dari 15 menjadi 3 -> OK

Ulangi langkah ke-3 s/d ke-5 pada ControlSet001 dan ControlSet002 jika ada.