The best wordpress mobile plugins

Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkembangan perangkat mobile seperti smart phone dan tablet sangatlah pesat.  Jika blog atawa website anda tidak mendukung akses dari ponsel dan tablet, tentunya anda akan jadi bagian dari kelompok orang-orang yang merugi… :mrgreen:

Kali ini kang Badrun akan share pengalaman bereksperimen menggunakan plugins mobile di blog worpress ane. Beberapa pertimbangan menjadi dasar untuk menetapkan kriteria the best atau terbaik.

  • Free, tanpa registrasi
  • Berjalan di wordpress ver 3.1
  • Selalu di-update oleh pembuatnya
  • customize, thema bisa disesuaian
  • Menawarkan pendeteksian perangkat mobile otomatis

Ada 3 buah mobile plugins yang menurut kang badrun memenuhi kriteria tersebut di atas

1. MobilePress

Plugins buatan Tyler Reed  ini,  bisa anda download di wordpress- MobilePress. Setelah plugins terinstall, anda hanya perlu masuk ke menu setting dan menentukan beberapa pengaturan standar yang sangat mudah dilakukan, seperti tampilan halaman depan, berapa jumlah postingan tiap halaman, seting komentar dll.

Theme standarnya seperti tampilan blog kartunmania di samping ini. Namun jika anda tidak puas dengan theme standar ini, anda bisa download theme mobile kesukaan anda dan upload ke /wp-content/mobilepress/themes.



2. WP MobileDetector

Plugins buatan Websitez.com ini,  bisa anda download di wordpress- WP Mobile Detector.  Berbeda dengan plugins MobilePress yang hanya menyertakan satu buah theme standar, WP MobileDetector menyertakan beberapa theme di dalam paket pluginnya. Bluesteel Mobile Theme, WZ Mobile Theme (gambar disamping), Jester Mobile Theme, Casper Mobile Theme, Colbalt Mobile Theme, Mojo Mobile Theme, Viper Mobile Theme dan Anakin Mobile Theme.  Opsi pengaturan plugin ini lebih rumit dan lebih lengkap daripada plugin pertama, namun tetap mudah untuk dilakukan.

 


3. Wptouch

Plugins buatan BraveNew Code Inc ini, versi free-nya bisa anda download di wordpress- WPtouch.

WPtouch otomatis mengubah website Anda WordPress untuk perangkat mobile, lengkap dengan artikel pemuatan ajax dan efek halus bila dilihat dari web mobile populer menelusuri perangkat seperti iPhone, iPod touch, ponsel Android ponsel, BlackBerry OS6 + perangkat mobile, dll.

Penyesuaian penampilannya mudah dan  anda tidak perlu  pusing memikirkan scrip. Plugin ini juga memberikan pilihan kepada pengunjung untuk beralih antara tampilan WPtouch dan tampilan theme  rutin situs Anda.

 

Okeeeh, jika menyitir pepatah di dunia persilatan, “Di atas langit masih ada langit”, maka kalau anda bertanya “mana plugin terbaik diantara ketiga mobile plugins di atas?” Jawabnya, tidak ada. Karena semuanya baik. (eit… pepatahnya nyambung kagak yee… :mrgreen:).

Namun jika anda maksa KEPO beneran, gambar di bawah ini mungkin bisa menjadi bahan acuan anda untuk mencoba plugin mana yang paling sesuai dengan theme wordpress anda. Perhatikan tanggal update dan jumlah download.

Satu catatan yang perlu anda lakukan paska anda meng-install plugin ini, setelah jalan 2-3 hari, masuklah ke cpanel anda dan cek file errorlog anda untuk meyakinkan bahwa plugin ini tidak berantem dengan theme wordpress anda. Semoga membantu…

 

17 thoughts on “The best wordpress mobile plugins

  1. Have you ever considered about adding a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is fundamental and everything.
    Nevertheless just imagine if you added some great visuals or videos to give your posts more, “pop”!
    Your content is excellent but with images and clips, this site could certainly be one of the very best in its
    field. Amazing blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *