Daya tarik wajah berbulu

Last updated on April 23rd, 2013 at 07:58 am

Ben Affleck dan Adam Levine
Ben Affleck dan Adam Levine,  aktor film dan musisi dunia ini memang punya kelebihan khusus di bidang masing-masing. Namun keduanya ternyata mempunyai beberapa persamaan. Sama-sama ganteng, kaya, terkenal dan sama-sama berkumis, berjenggot dan bercambang. :mrgreen:

Ngomong-ngomong soal kumis dkk, menurut Si Mawar (sebut aja begitu) “klo gak pakai kumis ibarat sayur tanpa garam… ”  begitu celotehnya di akun FB. 😀  Bagi si UC, wanita lajang yg berprofesi sbg akuntan sebuah perusahaan swasta di bilangan Jakarta Kota,  “Klo aku sih  suka sama pria berbulu, tapi yang tipis dan rapi, macem Adam Levine itu tuh….”  Lain lagi bagi si ST, saat kartunmania tanyakan komentarnya tentang cowok berkumis, “Idiiih….. emangnya gua cowok apaan…!!”  (ST=Santo) :mrgreen:


Okeeh, terlepas dari suka atau tidak suka, ternyata selain tampak lebih macho, jenggot, kumis dan cambang ternyata memiliki pengaruh untuk kesehatan. Berikut ‘manfaat’ rambut di wajah seperti dilansir Daily Mail:

1. Pelindung dari sinar matahari

  • Sebuah studi terbaru dari University of Southern Queensland menyebut jenggot dapat memberikan perlindungan yang signifikan dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit. Secara rinci, peneliti menemukan bahwa bagian tubuh yang tertutup oleh kumis dan cambang rata-rata tiga kali lebih sedikit terpapar sinar UV yang berbahaya dibandingkan dengan bagian tubuh yang tidak tertutup rambut apa pun.

2. Mencegah serangan asma

  • Pria yang asmanya dipicu oleh serbuk bunga dan debu dapat terlindungi oleh jenggot yang lebat karena jenggot itu dapat membantu mengurangi gejala asmanya. Kumis yang menutupi area hidung dapat menghambat pemicu alergi atau alergen masuk ke dalam hidung dan terhirup masuk ke paru-paru.Namun menurut seorang dokter umum yang berbasis di London, Dr. Rob Hicks, hanya serbuk sari yang bisa terperangkap dengan cara ini, tapi tidak dengan debu yang berbentuk mikroskopis.

3. Memperlambat penuaan

  • Dari waktu ke waktu, rambut yang tumbuh di wajah dapat membantu menjaga kulit agar tetap awet muda dan sehat. Jika mengenakan pelembap, usahakan agar Anda juga memberi pelembap di kumis dan jenggot.

4. Melawan batuk

  • Jenggot tebal yang tumbuh di bawah dagu dan leher akan meningkatkan temperatur leher serta membantu melawan demam dan batuk. Rambut adalah semacam insulator yang dapat membuat Anda terus merasa hangat. Jenggot yang panjang dan tebal juga dapat menjebak udara dingin dan meningkatkan suhu leher sehingga Anda bisa bertahan di bawah cuaca dingin.

5. Mencegah ruam kulit

  • Jika Anda malas bercukur, justru itu tandanya kulit Anda terhindar dari ruam kulit. Bercukur merupakan penyebab utama infeksi bakteri pada bagian tubuh yang tertutup jenggot. Aktivitas ini dapat berakibat pada ruam akibat pisau cukur, rambut tumbuh ke dalam kulit dan folikulitis (infeksi folikel rambut) yang menyebabkan munculnya bintik-bintik di kulit. (KEN/YOG)
Oh, ya bro… nggak afdol kiranya jika ane ambil contoh Artis Berjenggot dari luar negeri saja, artis lokal pun sebenarnya tidak kalah machonya loh… :

Sumber : Majalah Detik edisi 66 dan dari sumber lainnya