Warna urin dan artinya

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui tingkat kesehatan kita. Warna urine atau air kencing beserta maknanya dianggap sebagai salah satu alat untuk mendiagnosa berbagai masalah medis dalam tubuh. Artikel ini memberitahu Anda tentang warna urin dan apa artinya.

Warna Arti
Coklat Biasanya, makan banyak makanan seperti kacang fava, lidah buaya, buah, bit dan hasil rhubarb dapat menyebabkan urin berwarna coklat. Hal yang sama bisa disebabkan karena obat-obatan tertentu seperti antimalaria atau antibiotik. Dalam kasus ekstrim, dapat menunjukkan beberapa penyakit atau cedera pada ginjal, infeksi ginjal yang umum.
Orange Dalam kebanyakan kasus, dehidrasi berat dapat membuat urin sangat terkonsentrasi sedemikian rupa sehingga dapat menjadi oranye. Pemberian obat tertentu juga bisa menjadi biang keladinya. Anti-inflammatory drugs, obat yang digunakan dalam kemoterapi, dan obat pencahar bisa menyebabkan urin oranye. vitamin B kompleks dan jus wortel juga bisa menyebabkab urin berwarna oranye.
Kuning tua Dehidrasi adalah diagnosis umum pada pasien yang mempunyai urin berwarna kuning gelap. Ketika kebutuhan akan cairan tubuh mengalami kelangkaan, limbah mulai terakumulasi dalam urin dan itu menyebabkan perubahan warna dari kuning terang ke kuning gelap. Makanan seperti asparagus, dan kehadiran vitamin B kompleks tingkat tinggi dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab. Urin kuning gelap juga bisa menjadi indikasi dari kondisi lever / hati seperti penyakit kuning atau hepatitis, anemia hemolitik, dan hematuria.
Merah Urin merah muda atau merah mungkin tampak menakutkan, tetapi dalam banyak kasus, ternyata tidak. Urin berwarna merah mungkin normal jika tubuh kita habis mengkonsumsi buah semangka, arbey, dll.  Antibiotik dan obat pencuci perut adalah obat-obat yang dapat menyebabkan urin berwarna merah. Salah satu makna yang jelas adalah kemungkinan adanya darah dalam urin. Kemungkinan penyebab adalah akibat dari adanya infeksi saluran kemih, benign prostatic hyperplasia, dan tumor jinak atau kanker. Urin merah juga dapat menunjukkan masalah dengan ginjal seperti pembentukan batu di organ, atau pembentukan kista dalam organ yang sama.
Pink
Hijau tua Selain obat-obatan tertentu yang mengandung metilen biru, pewarna yang digunakan dalam makanan atau tes medis biasanya dapat menyebabkan urin hijau biru atau gelap. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini jenis urin bisa menjadi gejala dari kondisi yang dikenal sebagai sindrom popok biru. Ini cenderung terjadi terutama pada bayi, membuat popok mereka diwarnai dengan urin biru. Orang dengan infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas, mungkin juga menunjukkan urin warna hijau.
Biru
abu-abu / berawan Sebuah urin yang keruh adalah jaminan adanya sebuah infeksi, salah satu dan yang paling sering adalah infeksi saluran kemih. Dan jika disertai dengan bau yang tidak menyenangkan, maka itu menegaskan adanya ISK( Infeksi Saluran Kemih). Batu ginjal dapat menyebabkan nanah dalam urin sehingga warnanya berawan atau keruh. Gonore menyebabkan keputihan, dan nanah seperti debit penis. Hal ini juga dapat memberikan urin penampilan berawan.
Ungu Porfiria adalah suatu kondisi medis yang langka yang mempengaruhi sistem saraf atau / dan kulit. Terjadi karena adanya kelainan genetik atau adanya bahan kimia tubuh yang disebut porfirin mulai membangun. Dan salah satu dari banyak gejala dari kondisi ini adalah urine yang berwarna ungu tua.



Sumber : Disini

Share it now!