Cara mengetahui dan mengatasi broken link

Ketika sebuah mesin yang bernama Robot Gedhekย  yang dijalankan oleh ki demang Google berkelana dari rumah ke rumahย  untuk melakukan sensus untuk keperluan spionase, dan ternyata dia tidak menemukan jalan pulang atau menemukan jalan buntu, tentunya dia akan manyun… BT… Jika ini terjadi terus-menerus di rumahmu, maka proposal bedah rumah yang kau ajukan ke google akan dilempar ke tumpukan bawah. Efeknyanya, PR blog akan lama meningkat… prioritas pencarian konten blog pun mundur ke halaman buncit… ๐Ÿ™

Broken link ini timbul, mungkin bukan dari awal. Contohnya, postingan setahun yang lalu anda ngelink ke sebuah berita dari situs kartunmania.com. Namun, belakangan postingan itu dihapus oleh kartunmania.com atau admin kartunmania.com sendiri udah bangkrut. ย  So, mari kita bersihkan blog kita dari sampah broken link. Caranya?

Banyak situs yang menawarkan bagaimana cara untuk mengetahui broken link, tapi menurut ane, brokenlinkcheck.com yang paling nyaman digunakan karena menyediakan link ke link bermasalah di blog kita. Ini sangat membantu kita dalam rangka memperbaiki kerusakan tersebut. Nih penampakannya..

broken link

Untuk mengecek broken link, ente tinggal masukin alamat blog ente, terus masukkan security code, dan klik tombol “find broken link now”.ย  Jika ada broken link, maka akan muncul tampilan seperti di atas. Cara mengatasinya?

  • Perhatikan kolom ‘server reponse’. Yang perlu anda perbaiki adalah link yang bertanda ‘bad host’ dan ‘404’. Sedangkan ‘timeout’, belum menyatakan bahwa link tsb putus tapi ada permasalahan saat aplikasi melakukan pengecekan ke link tsb. Tanda ‘500’, biasanya link tsb sedang mengalami permasalahan dengan database-nya (cmiiw).
  • Untuk memudahkan dalam pengeditan link, sebaiknya ente masuk dulu ke admin situs / blog. Setelah itu ente tinggal klik ‘url’ yang ada di kolom ‘Page where found’.
  • Dari halaman situs sobat yang bermasalah tersebut, cek apakah link berada di dalam postingan atau di link dari pengunjung. Jika dari postingan, lakukan pengeditan postingan. Jika dari link pengunjung, anda tinggal klik ‘edit’ di komentar yang bersangkutan dan hapus url bermasalahnya. Beginu seterusnya…

Okeeh, broken link itu ibarat sampah… sekarang dibersihkan, mungkin besok akan muncul lagi di tempat lain. So, jadualkansecara teraturย  acara bersih-bersih ini. Semoga si robot gedhek gak ngambek lagi jika menyambangi rumah kita. ๐Ÿ™‚

 

19 thoughts on “Cara mengetahui dan mengatasi broken link

  1. mantap ne artikel…
    wwadduh… blog ane banyak yg broken link ne…

    makasih om tutorialnya… cb dl ya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *